Perhutani Tekan Emisi Karbon Melalui Program REDD

Perum Perhutani mulai mengembangkan proyek Reducing Emission from Deforestation and Forest Degradation (REDD) dengan menggandeng 43 BUMN untuk berkomitmen mendukung penanaman 1 miliar pohon.

Keterangan tertulis Perhutani menyebutkan kontribusi perusahaan BUMN sebanyak 13.429.211 pohon akan diselesaikan sampai dengan Januari 2011. Jumlah lnl di luar pohon yang ditanam Perhutani lebih dari 100 juta pohon pad a tahun ini dan BUMN Kehutanan, seperti Inhutani I-V sebanyak 120 juta pohon.

Lebih jauh disebutkan pada 18 November, Menteri BUMN Mustafa Abubakar dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan telah menandai program penanaman 1 miliar pohon di lingkup BUMN didampingi oleh Pit Direktur Utama Perum Perhutani Haryono Kusuroo dan Ketua Umum BUMN Executive Club (BEC) Rudjito. Acara ltu diikuti dengan penandatanganan komitmen lima Direksi BUMN PTPN VIII, PTPN XII, PT Semen Gresik (Persero), Perum Jasa Tirta I, PT Bukit Asam (Persero).

Selain itu, Perhutani bersama SG Consulting dari Korea Selatan akan bekerja sama dengan Pemerintah Kerajaan Norwegia dan institusi multinasional lain, seperti IFC dan ADB untuk mengembangkan mekanisme REDD. “MoU antara Perhutani dan [SG Consulting] Korea ini merupakan skema REDD pertama di dunia dan diharapkan menuai sukses,” ujar Pit Direktur Utama Perhutani Haryono Kusumo pekan lalu.

Nama Media : BISNIS INDONESIA

Tanggal : Senin, 22 Nopember 2010