BRI Biayai Capex Perhutani Rp964 Miliar

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) melakukan perjanjian kerja sama dengan Perum Perhutani untuk pembiayaan belanja modal (capital expenditure/capex) untuk tahun 2011 ini.

“Selain perjanjian tersebut, di dalamnya juga termasuk pula perjanjian pembayaran gaji untuk 25 ribu karyawan Perhutani melalui sistem payroll yang telah dimiliki oleh BRI,” ungkap Direktur Keuangan merangkap Plt Direktur SDM dan Umum Perhutani Ans Kosasih dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (30/5/2011).

Adapun capex Perhutani untuk tahun 2011 mencapai Rp964 miliar, dan sekitar Rp1 triliun untuk pembiayaan opex. Pembiayaan tersebut akan dilakukan dengan lebih efisien dengan menggunakan kredit investasi maupun kredit modal kerja yang disediakan oleh BRI.

“Perum Perhutani sejak berdirinya pada tahun 1973 sampai hari ini belum pernah menggunakan fasilitas pembiayaan perbankan. Mungkin karena perusahaan selama ini cash rich sehingga selama ini selalu membiayai semuanya dari kantong sendiri,” jelasnya lagi.

Selanjutnya, BRI menyatakan dukungan untuk membiayai capex perhutani yang sebagian besar merupakan pembangunan sentra-sentra industri berbasis sumber daya hutan serta pembangunan bersama Hutan Tanaman Industri (HTI) terutama HTI karet yang akan digarap bersama oleh Perhutani dan PT Inhutani I, II, III, dan V yang seluruhnya merupakan BUMN kehutanan.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Coorporate Secretary BRI, Muhamad Ali menyatakan jika sejak didirikannya direktorat kelembagaan dan BUMN pada tahun 2007, saat ini sudah ada sekitar 56 perusahaan BUMN yang telah memperoleh fasilitas cash kredit baik cash loan dalam bentuk kredit modal kerja dan kredit investasi, serta noncash loan dalam bentuk penyediaan fasilitas seperti Bank Garansi, L/C dan lainnya.

“Komitmen pemberian kredit BRI dalam bentuk cash loan kepada BUMN sampai saat ini telah mencapai Rp54 triliun dengan outstanding sekitar Rp29 triliun,” terangnya.

Website  : OKEZONE.COM
Link       : http://economy.okezone.com/read/2011/05/30/320/462375/bri-biayai-capex-perhutani-rp964-miliar
Tanggal : Senin, 30 Mei 2011 10:50 WIB
Penulis  : Yuni Astutik
TONE     : POSITIVE