Parade Jago-jago Finansial 2011

Mereka memiliki peran strategis untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih kokoh dan kompetitif.  Mereka juga berkontribusi besar terhadap pertumbuhan dan kinerja perusahaan.  Siapa saja mereka?

Apa peran komandan keuangan di perusahaan? Apakah sebatas mengelola manajemen keuangan perusahaan dan menjamin return yang dihasilkan untuk pemegang saham memadai? Tidak sesimpel itu, ternyata.  Seorang chief financial officer (CFO), seperti diungkapkan Djoko Wintoro, Direktur Riset Prasetiya Mulya Business School, “Harus merangkul direktur lain sebagai strategic information provider dan mendorong timbulnya cara atau pemikiran baru dalam pemecahan masalah perusahaan.  Dia bisa berpartisipasi menumbuhkan nilai tambah lewat gagasan-gagasan untuk kemajuan perusahaan.”

Seorang CFO juga harus memiliki kemampuan menguasai persoalan terkait proses bisnis.  “Seorang CFO bisa dibilang hebat kalau dia memahami secara detail proses dan model bisnis.  Seorang CFO yang baik juga bisa menjadi partner sejati yang mengiringi pertumbuhan bisnis,” demikian pandangan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Sugiharto.

Bagaimana potret CFO di perusahaan Indonesia? Tahun ini, SWA kembali menggelar hajatan Indonesia Best CFO.  Tujuannya, mendukung pengembangan para professional di bidang keuangan.  Sebanyak 50-an CFO atau Direktur Keuangan dari berbagai perusahaan papan atas terjaring, baik lewat undangan maupun attendance.  Untuk tahap penyeleksian, mereka diminta membuat tulisan, yang antara lain berisikan tantangan yang dihadapi di bidang pendanaan, pengelolaan keuangan, serta strategi yang sudah dan akan diterapkan dalam pengelolaan keuangan.  Termasuk, menyertakan curriculum vitae dan prestasi yang telah dicapai di bidang keuangan dan berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja perusahaan.

Setelah melakukan penyeleksian Tahap I yang dilakukan Tim SWA, terpilihlah 10 kandidat.  Siapa saja mereka? Silakan lihat tabel.  Untuk memilih The Best CFO, 10 kandidat ini diwajibkan mengikuti tahap selanjutnya, yakni melakukan presentasi di depan Dewan Juri, yang terdiri dari Djoko Wintoro, Sugiharto, Roy Sembel (Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Pelita Harapan), Philip Purnama (Direktur Spinnaker Capital Asia), Hasan M Soedjono (Dirut PT Asprinet Indonesia) dan Amir Abdul Rachman (Dirut PT Star One Production).  Selasa, 7 Juni 2011, bertempat di Palm Court 5 Four Seasons Hotel, mereka dicecar pertanyaan oleh Dewan Juri.  “Semua peserta mempunyai semangat untuk memecahkan persoalan dengan baik, itu luar biasa,” ujar Djoko.

Inilah mereka!

Top 5 Indonesia Best CFO 2011

  1. I Dewa Made Susila, CFO PT Adira Dinamika Multifinance, Tbk
  2. ANS Kosasih, Direktur Keuangan Perum Perhutani
  3. Krishna Syarif, Director of Finance PT Timah (Persoro) Tbk
  4. Zainal Fanani, Direktur Kepatuhan & Manajemen Resiko Bank Syariah Mandiri
  5. Wan Razly, Strategy & Finance Direktor CIMB Niaga

Sumber: Majalah SWA No. 13/XXVII/23 Juni – 6 Juli 2011, hal 86 – 87