Sensasi Bertualang di Alam

Mengisi liburan panjang yang paling asyik adalah kembali ke alam. Sekali-kali cobalah menikmati wisata berkemah. Anda akan menemukan sensasi petualangan baru yang luar biasa dan memicu adrenalin keluarga.

Jika berkemah, terbayang kegiatan memasang tenda, memasak di atas tungku batu, mencari jejak, dan membuat api unggun. Memori nostalgia selama menjadi anggota pramuka itu kini bisa dinikmati warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Namun, bagi mereka yang tak terbiasa dan tak memiliki pengalaman tidur dalam tenda, pengelola area kamping menyediakan pondokan.

Pilihan wisata berkemah bisa dinikmati di Bumi Perkemahan Mekarsari, Sukamantri, dan Taman Budaya Sentul City di Kabupaten Bogor. Selain itu juga ada di Bumi Perkemahan Cikole, Lembang, Bandung.

Bagi keluarga yang ingin berkemah di tengah hijaunya kebun buah-buahan dan segarnya udara pagi, cobalah gali pengalaman baru di Mekarsari. Kawasan kebun buah ini terletak di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol Kilometer 3, Kecamatan Cileungsi atau sekitar 13 kilometer dari gerbang Tol Cibubur ke arah Jonggol.

Sarana wisata air danau alami, Kanal Mekarsari, serta fasilitas outbound Sabut Kelapa melengkapi pengalaman berkemah Anda dan keluarga. Penelusuran pasti lebih asyik dengan berjalan kaki. Namun, jika tak ingin lelah, boleh juga menyewa sepeda.

Anda yang membawa keluarga cobalah menikmati kemah di bawah rindangnya pepohonan bisbul (Diospyros blancoi A) di Kebun Bisbul. Masyarakat Jawa mengenal buah bisbul dengan sebutan sembolo. Jika ingin menikmati suasana perkemahan, tetapi tak mau menginap dalam tenda, pilihlah menginap di Rumah Pohon Leo di Mediteran. Pilihan lain adalah berkemah di Kawasan Air.

Satwa langka dan hutan

Bergerak lebih ke daerah pegunungan, nikmatilah sensasi berpetualang di Bumi Perkemahan Sukamantri, di Resor Gunung Salak I, Kabupaten Bogor. Lokasi dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini berada di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut.

Selain menikmati udara sejuk, Anda bisa berjalan kaki sejauh satu kilometer selama satu jam ke daerah yang lebih tinggi. Untuk mencapai lokasi ini, dibutuhkan waktu satu jam berkendara dari pusat Kota Bogor ke arah selatan menuju Kecamatan Tamansari melalui Jalan Raya Ciapus. Kepala Resor Gunung Salak Yarni Kurniawan mengatakan, di kawasan ini ada jejak jelajah kehidupan habitat owa jawa, salah satu satwa yang dilindungi khas Gunung Salak. Apabila beruntung, Anda bisa melihat satu atau dua keluarga owa jawa bercengkerama. Satwa lain yang bisa dilihat adalah surili dan berbagai jenis burung, termasuk elang, pada pagi hari.

Ingin menikmati petualangan lebih menantang di tengah hutan alam dan tanaman campuran pinus dan agathis serta kaliandra? Cobalah melanjutkan perjalanan ke Bumi Perkemahan Cikole di Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 28, Lembang, Bandung. Anda bisa menikmati wisata berkemah di antara hutan di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.

Lokasi wisata yang dikelola Perum Perhutani Unit III KPH Bandung Utara ini terletak sekitar 30 kilometer dari Kota Bandung. Areal seluas 10 hektar dari 578 hektar total luas hutan ini dijadikan enam lokasi perkemahan. Ada empat blok yang disediakan. Blok A (200 orang), blok B (100 orang), blok C (1.000 orang), blok D (500 orang), dan blok E (2.000 orang).

”Kami juga menyediakan pondokan lengkap dengan tempat membuat api unggun. Di halaman kawasan ini juga bisa didirikan tenda,” kata Apit, Koordinator Piket Bumi Perkemahan Cikole.

Tawaran wisata edukasi, petualangan, dan memacu adrenalin bisa dinikmati di Bandung Treetop Adventure Park yang juga berlokasi di kawasan ini.

Bisa memilih

Bagi Anda yang ingin meneruskan berkemah di bumi perkemahan Cikole, apabila membawa tenda sendiri, dikenai sewa lahan Rp 400.000-Rp 800.000 per blok. Namun, jika ingin menyewa, juga disediakan sewa tenda mulai dari Rp 110.000 hingga Rp 1,2 juta per tenda.

Keluarga dalam jumlah kecil hanya dibebankan biaya penyewaan tenda berdasarkan ukuran tenda. Biaya sewa itu sudah termasuk sewa matras dan kantong tidur. Untuk makan dan kayu bakar, Anda harus membeli sendiri dan sudah disediakan di dalam kawasan.

Sementara bagi yang ingin praktis berkemah di wisata kemah Taman Budaya Sentul City, Anda tidak perlu repot membawa tenda dan segala perlengkapannya. Cukup bayar Rp 300.000 per orang per malam, Anda dan keluarga bisa menikmati wisata ini. Biaya ini sudah termasuk makan tiga kali dan satu kali makanan ringan, serta menikmati permainan yang tersedia di dalamnya.

Minimal satu kelompok adalah empat keluarga atau 16 orang dengan asumsi satu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak.

WISATA KEMAH
Belum Belajar kalau Tubuh Belum Kotor

Sejumlah murid belajar memandikan kerbau di Taman Wisata Mekarsari, Kabupaten Bogor. Berkunjung ke lokasi wisata sekaligus belajar di alam, seperti menanam padi, bisa menjadi salah satu kegiatan untuk mengisi libur sekolah.

Tanggalkan pakaian mahal. Cukup mengenakan kaus dan bercelana pendek. Tanggalkan sepatu serta biarkan kaki digelitik sang bumi. Sesudah itu, marilah berpetualang dalam wisata berkemah di Taman Wisata Mekarsari, Kabupaten Bogor.

Selanjutnya, masuklah dalam sawah dan tanamlah padi sebatang demi sebatang dengan cara berjalan mundur. Kaki jelas kotor dan bau lumpur sawah. Jangan dulu puas bila sudah bisa menanam benih padi. Tambahkan pengetahuan bertani dengan memandikan kerbau. Jangan menggunakan sabun jika memandikan kerbau, cukup dengan air. Bolehlah iseng menciprati sesama teman yang juga tengah memandikan kerbau biar melengkapi keceriaan teman dan keluarga.

Wisata kemah di Outbound Adventure Taman Budaya Sentul City, Kabupaten Bogor, menawarkan beragam permainan dan kegiatan, mulai dari terbang dari satu pohon ke pohon lain, berjalan kaki di jalan setapak hutan pinus, hingga menyaksikan air terjun Gunung Pancar. Perjalanannya melalui kawasan pedesaan yang lengkap dengan sawah dan sungainya. Bagi mereka yang suka memasak, boleh juga mengambil kesempatan belajar membuat kue. Ada juga kegiatan membatik dan berkreasi dengan tanah liat hingga menjadi barang keramik sembari berwisata kemah.

Sementara bagi yang hobi berpetualang lebih menantang, mengayunlah dari satu pohon ke pohon lain sepanjang 160 meter di ketinggian bervariasi mulai 2 meter sampai 20 meter sesuai usia pohon di Bumi Perkemahan Cikole, Lembang, Jawa Barat. Tak hanya itu, tantangan lebih berat yang memicu adrenalin adalah berjalan dari satu pohon ke pohon dengan bantuan tali yang membentang di atas lembah. Jika belum puas dengan itu, silakan mengitari jalanan sepanjang 5 kilometer di hutan dengan menggunakan mobil khusus permainan ATV. Apabila masih belum puas, bisa juga untuk diulangi.

Silakan memilih mana lokasi berkemah yang cocok untuk mengisi liburan panjang anak-anak Anda. Akan tetapi, jangan lupa membawa perlengkapan perkemahan pribadi, termasuk lilin, senter, obat-obatan P3K, serta pakaian tahan dingin jika memilih berwisata kemah di daerah pegunungan dan hutan. Selamat menikmati liburan panjang.

Nama Media : KOMPAS
Tanggal       : Sabtu, 18 Juni 2011/h. 27
Penulis        : Ratih Prahesti/Ambrosius H Manumoyoso/Pingkan Elita Dundu
TONE           : POSITIVE