Targetkan Produksi Tebangan 35 Ribu Meter Kubik

Target produksi tebangan Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Gundih sebanyak 35 ribu meter kubik (m3) di Tahun 2011 ini, pada Bulan September Oktober ini optimistis tercapai.

Hal ini tidak terlepas dati faktor cuaca yang telah memasuki musim kemarau, sehingga transportasi pengangkut hasil hutan dapat berjalan lancar.

“Meski sudah Bulan Juni, namun target yang telah dicapai saat ini belum ada 50 persen. Hal itu karena cuaca, sehingga sulit untuk mengangkut produksi hutan. Oleh sebab itu kami akan mengejar target tersebut, dan kebetulan sudah memasuki musim kemarau. Kami optimistis di Bulan September hingga Oktober, target tahun ini sudah tercapai, “kata Administratur kepala KPH Gundih Ir Riyanto Yudi Cahyono usai acara serah terima jabatan (Sertijab) dati pejabat lama Ir H Abdul Hasan MSi di gedung Riptaloka Serda Grobogan, Senin (20/6).

Ditambahkan mantan Adm Jatirogo, Jatimini, bahwa 35 ribu m3 target tebangan tersebut meliputi Sembilan ribu m3 berupa Jati, sedangkan 26 ribu m3 mahoni, dan beberapa jenis  tanaman rimba lainnya.

Dia katakan, yang ditugaskan menjadi Adm Bojonegoro, Pihaknya sudah menyampaikan segala sesuatu terkait KPH Gundih kepada penggantinya Ir Riyanto Yudi Cahyono. Pihaknya optimistis bahwa pejabat baru tersebut akan dapat merealisasikan target tahunan.

Tumpangsari

Sementara itu menurut Wakil Kepala Perhutani Unit I Jateng, Ir Bambang Budiarto MM, wilayah hutan KPH Gundih tidak terlalu besar yakni sekitar 30.050 hektare. Namun produksi kayu tebangan cukup besar dibanding daerah lain. Selain itu KPH Gundih termasuk KPH Pembangunan.

“Kami berpesan kepada pejabat baru agar senantiasa bekerja sama baik secara internal maupun eksternal. Kerjasama ini sudah berjalan cukup baik, terbukti di Tahun 2010 KPH Gundih mendistribusikan sharing kepada LMDH sebesar Rp 700 juta,” ujar Bambang.

Bupati Grobogan H Bambang Pudjiono SH mengatakan, Perum Perhutani telah bekerjasama dengan baik. Adanya lahan yang ditanami jagung oleh LMDH, maka Kabupaten Grobogan menjadi penghasil jagung terbesar se Indonesia (K11 72)

Nama Media : SUARA MERDEKA
Tanggal       : Selasa, 21 Juni 2011/h. F
TONE           : POSITIVE