Tiga BUMN Siap Dilikuidasi

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan ada tiga BUM N yang akan dilikuidasi tahun ini juga. Ketiga BUMN meliputi PT Primissima, PT Kertas Padalarang. dan PT Sarana Karya. BUMN-BUMN tersebut ada yang akan diambil dan bergabung dengan BUMN lain. Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengemukakan hal itu di Makassar, kemarin.

Menurut dia, dari 142 BUMN yang ada saat ini, pada 2012 hanya akan tersisa 81 BUMN. Pemerintah akan melikuidasi sebanyak 61 BUMN.

Setelah tiga BUMN tahun ini, akan menyusul beberapa BUMN seperti Balai Pustaka, Perfilman, BUMN perkebunan dan kehutanan, serta PT Pelindo. Balai Pustaka akan dijadikan badan layanan umum (BLU). Kernudian, PT Perkebunan Nusantara yang sebanyak 15 akan menyusut menjadi hanya satu.

Demikian pula dengan Perum Perhutani dan PT Inhutani yang saat ini sebanyak lima perusahaan akan menyusut hingga tinggal satu. Adapun PT Pelindo I, II, III, IV akan dilebur menjadi dua perusahaan saja. Peleburan dan pengambilalihan BUMN bertujuan mendorong efisiensi dan penguatan BUMN. (LN/E 1)

Nama Media : MEDIA INDONESIA
Tanggal       : Jumat, 3 Juni 2011 hal. 13
TONE           : NETRAL