Cegah Kebakaran Hutan, Dishutbun Gelar Sosialisasi

Menghadapi musim kemarau tahun ini, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Sukabumi menggelar sosialisasi tentang ancaman dan cara  mencegah kebakaran hutan. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di tengah penduduk yang tinggal di sekitar hutan dan  perkebunan.

“Sebentar lagi memasuki musim kemarau, biasanya diikuti dengan munculnya ancaman kebakaran. Kami sudah mulai  melakukan sosialisasi tentang kebakaran  hutan dan perkebunan,” kata Kepala Dishutbun Kabupaten Sukabumi, HD Budiman kepada Pelita, Senin (4/7).

Dalam mencegah kebakaran di area hutan dan perkebunan besar, Dishutbun  melakukan koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Taman Nasional, Perum Perhutani, dan instansi-instansi terkait lainnya. Instansi-instansi  tersebut juga dilibatkan dalam kegiatan  sosialisasi pencegahan kebakaran.

“Segala persiapan dalam menghadapi  musim kemarau sudah kami 1akukan. Kami mengoptimalkan SDM dan fasilitas kehutanan dan perkebunan untuk mencegah terjadinya kebakaran,” ujar  dia.

Wilayah yang berada dalam cakupan pe1ayanan Dishutbun meliputi kawasan hutan dan perkebunan besar yang tersebar di se1uruh wilayah Kabupaten Sukabumi yang membentang dari kaki gunung  Gede Pangrango di utara sampai kawasan  pesisir Tegalbuleud di selatan.

“Di kawasan hutan di Kabupaten Sukabumi terdapat beberapa kawasan hutan yang rawan kebakaran, terutama pada  musim kemarau. Kami memberikan perhatian khusus pada kawasan ini,” kata Budiman.

Beberapa kawasan yang rawan kebakaran hutan terletak di Pajampangan yang meliputi kecamatan-kecamatan Ciracap, Ciemas, dan Simpenan. Di kawasan ini sering terjadi kebakaran akibat  pembukaan ladang baru.

“Kami mengimbau kepada masyarakat  peladang agar tidak melakukan pembakaran hutan saat akan membuka lahan baru,” ujarnya.

Dia menginstruksikan para kepa1a UPTD Kehutanan dan Perkebunan untuk me1akukan sosialisasi secara berkesinambungan kepada masyarakat. Para  peladang diharapkan mengikuti segala petunjuk yang disampaikan oleh petugas penyuluh lapangan dari Dihutbun.

Nama Media : PELITA
Tanggal       : Selasa, 5 Juli 2011 Hal. 8
Penulis        : Bud
TONE           : NETRAL