Menikmati Gemercik Air Pegunungan Bertingkat Tujuh

Letih dan penat dengan rutinitas ibukota? Agar tak jadi malapetaka gara-gara kena stress, ada baiknya Anda dan keluarga mencari lokasi rekreasi. Apalagi di musim liburan seperti sekarang. Salah satu lokasi yang patut Anda tuju adalah kawasan wisata Air Terjun Curug Cilember, di Puncak, Cisarua Bogor, Jawa Barat.

UNTUK menuju kesana, Anda bisa melalui tol Jakarta Bogor. Kemudian dari gerbang tal Ciawi, Anda terus menuju arah Puncak. Di daerah Cisarua, Anda dapat berbelok ke kiri menuju Curug Cilember, melewati banyak villa dan pemukiman penduduk.

Setelah itu Anda tiba di gerbang Curug Cilember. Jalan menuju tempat ini sudah beraspal, tetapi juga berliku, sempit dan me nanjak. Sehingga bila ada dua mobil, Anda harus berhati-hati.

Sekadar saran, sebaiknya Anda dan keluarga memulai perjalanan pada sekitar jam 05.00 pagi. Pasalnya, kawasan puncak saat ini macetnya sudah tidak bisa diterka, alias seharian bakal macet. Apalagi jika waktu libur tiba.

Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, anda diharuskan membeli tiket masuk dengan harga Rp 10.000 perorang untuk hari kerja dan Rp 12.000 untuk weekend. Sedangkan bagi wisata wan mancanegara, dikenakan Rp 40.000 perorang. Bila membawa kendaraan mobil, dikenakan tiket tarnbahan Rp 15.000, untuk motor Rp 5.000.

Setelah sampai di lokasi Anda sudah bisa merasakan sejuknya hawa pegunungan dan pepo honon yang rimbun. Pasalnya, kawasan tersebut berada pada ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut. Tidak perlu khawatir, karena pihak pengelola sudah menyediakan petunjuk jalan yang akan membantu Anda dikunjungi adalah air terjun.

Tempat Favorit yang sering dikunjungi adalah air terjun atau curug, walaupun ada fasilitas lain yang disediakan pengelola. Di kawasan wisata ini anda akan menemukan banyak pedagang mulai dari penjual jagung bakar, mie rebus, sate kelinci atau pcdagang suvenir. Bagi Anda yang merasa lapar, Anda dapat singgah ke tempat ini.

Tidak jauh dari tempat para pedagang berjualan, tibalah Anda di curug atau air terjun ke tujuh demikian sebutannya. Curug ini diakses. Letaknya hanya bebe rapa ratus meter dari pintu gerbang. Curug ini terbagi dua dan dan Anda dapat melihatnya dari jauh karena ketinggian curug ini.

Percikan air dari sejuknya hawa pegunungan, seakan memancing kita mendekati curug ini dan mandi di bawahnya. Berenang di kolam alami hasil penampungan air terjun atau sekedar berfoto dengan pemandangan air terjun, tentu bisa Anda lakukan. Di sini juga disediakan tempat MCK dan tempat ganti pakaian setelah Anda berbasah ria. Jadi, jangan khawatir.

Di curug ini, malah sering pula dijadikan lokasi foto prewedding oleh para calon pengantin. Rasa lelah akan terasa hilang saat merasakan percikan air di wajah atau saat mencoba merasakan di nginnya air terjun. Ditambah lagi dengan suasana asri dan indahnya pemandangan curug ini.

Setelah puas menikmati curug, perjalanan dapat anda lanjutkan menuju curug kelima. Curug ini lebih besar dibandingkan curug ketujuh, walaupun tidak setinggi curug ketujuh. Anda dapat meng hilangkan lelah dengan bermain-main di curug ini.

Untuk mencapai curug kelima, medannya lebih sulit. Karena hanya berupa jalan setapak yang terdiri dari batu batuan dan tanah.

Demikian juga seterusnya hingga curug curug keempat, hingga ke satu. Makin indah, mesra tentu juga dengan medan yang kian sulit. Tertantang?

 

Nama Media               : RAKYAT MERDEKA

Tanggal                     : Minggu, Juli 3 2011

TONE                         : POSITIVE