Sepuluh Ribu Orang Minum Madu Bareng, Perhutani Cetak Rekor MURI

Perum Perhutani, bersama dengan Kementerian Kehutanan RI, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), Selasa (12/07), mencetak rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yakni dengan menyelenggarakan acara minum madu dengan peserta terbanyak yang melibatkan 10.000 orang, di lapangan Bumi Gora di Mataram.

“Hari ini kami catat rekor baru yakni minum madu terbanyak dengan peserta sebanyak 10.000 orang,” kata Manajer MURI Sri Widayati, di akhir acara Pencanangan Pekan Madu Nusantara I, oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).  Sri mengatakan, aksi minum madu dengan peserta terbanyak itu resmi dicatat dalam rekor MURI dengan nomor 4992/R.Muri/VII/2011.

“Ini berarti telah menumbangkan rekor sebelumnya yang diraih LMDH peternak lebah di kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, pada 29 Nopember 2008, yakni makan Bee Pollen dengan jumlah peserta 1.004 orang,” lanjut Sri.

Pekan Madu Nasional I ini sendiri digelar dalam upaya membudayakan dan melestarikan madu secara nasional sebagai salah satu bahan pangan hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang menyehatkan.  Rangkaian kegiatannya meliputi pameran produk madu, pekan promosi madu, temu usaha madu dan gebyar minum madu oleh 10.000 orang yang terdiri dari para pelajar, PNS, dan berbagai elemen masyarakat.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan berharap, acara Pekan Madu Nasional dapat menjadi acara tahunan yang bisa mendorong peningkatan produksi madu nasional dan meningkatkan kegemaran masyarakat untuk mengkonsumsi madu. (Humas Perhutani)

Foto: antaranews.com