Waspadai Kebakaran Hutan

Anggota Komisi IV DPR Ma’mur Hasanuddin meminta Kementrian Kehutanan melakukan program siaga penuh terhadap antisipasi kebakaran hutan di ribuan titik rawan kebakaran hutan yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia akhir-akhir ini menandakan musim kemarau sudah mulai berlangsung. Ditambah lagi terjadinya fenomena perubahan iklim yang berpotensi menimbulkan el nino dapat terjadi di tahun ini,” ujarnya di Jakarta, Senin (18/7).

“Kegiatan pencegahan oleh perhutani dengan alat seadanya tidak akan cukup dalam antisipasi kebakaran hutan. Perlu tindakan dari pemerintah pusat dalam penyiapan program dan alat untuk antisipasi kebakaran hutan,” kata Ma’mur.

Ma’mur juga sangat menyayangkan, petugas-petugas sekitar hutan ketika memberikan penyuluhan antisipasi kebakaran hutan kepada masyarakat sekitar hutan dilakukan setelah terjadi kebakaran hutan seperti yang terjadi di Madiun pekan lalu.

“Seharusnya penyuluhan antisipasi kebakaran hutan ini dilakukan secara intensif dan terus menerus, jangan sampai menunggu kebakaran hutan terlebih dahulu” tandas Ma’mur.

Website  : KOMPAS.COM
Link        :http://nasional.kompas.com/read/2011/07/18/1533215/Waspadai.Kebakaran.Hutan
Tanggal  : Senin, 18 Juli 2011 / 15:33 WIB
Penulis   : Imam Prihadiyoko / Robert Adhi Kusumaputra
TONE      : NETRAL