Berwisata ke Air Terjun Cobanrondo, Malang

Anda mencari suasana alami lengkap dengan suara gemuruh air terjun? Tidak ada salahnya, Anda mengunjungi objek wisata air terjun, Cobanrondo di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Air terjun Cobanrondo memiliki ketinggian 84 meter dan berada pada ketinggian 1.135 meter dari permukaan air laut. Air yang mengalir pada air terjun tersebut berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo dan menjadi objek wisata mulai 1980 serta merupakan bagian dari wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), Perum Perhutani Malang.

Air terjun Cobanrondo memiliki debit air 150 liter/detik, sedangkan di musim kemarau 90 liter/detik. Selain untuk wisata, air terjun tersebut juga digunakan untuk pengelolaan air minum melalui PDAM untuk masayrakat Kecamatan Pujon.

Air terjun Cobanrondo memiliki kolam penampungan air yang cukup dangkal sehingga menjadi arena bermain bagi anak-anak. Bahkan ada beberapa pengunjung yang bersantai sambil tiduran di kolam penampungan air terjun untuk menikmati kesegaran air.

Ada juga pengunjung yang memilih untuk duduk di salah satu sisi bukit dan melihat panorama Kota Malang dari ketinggian sambil menikmati jagung bakar. Bagi yang ingin berkemah, juga disediakan area di sekitar hutan pinus dan air terjun.

Sarana dan prasarana di sekitar objek wisata tersebut juga tergolong lengkap. Mulai dari jalan yang mulus dari gerbang masuk hingga areal parkir, hingga tersedianya berbagai kedai makanan, musola, dan kamar kecil.

Para pengunjung tidak hanya menjadikan air terjun sebagai satu-satunya tujuan wisata, karena ada juga lokasi bermain untuk anak-anak dan kebun binatang mini sebagai alternatif.

Nama Media  : MEDIA INDONESIA
Tanggal            : Selasa, 4 Oktober 2011 Hal.24
Penulis             : sus
TONE                : POSITIVE