Tiga Klomtan Akan Ikut Program Ketahanan Pangan

Tiga kelompok tani (klomtan) yang berasal dari 3 desa yang berdekatan dengan wilayah hutan Perum Perhutani Kedu Selatan di Kecamatan Karangsambung, Sadang dan Karanggayam Kebumen akan mengikuti Program Gerakan Peningkatan Produktivitas Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) Menuju Ketahanan Pangan.

Menurut Kepala Urusan (Kaur) Humas Perum Perhutani Kedu Selatan, Setyawan Agus Purnomo di ruang kerjanya, Rabu (19/10), ketiga kelompok tani tersebut berada di Desa/Kecamatan Karangsambung, Desa/Kecamatan Sadang dan Desa Lohkidang Kecamatan Karanggayam. Di tiga kecamatan yang kondisi geografisnya berupa pegunungan tersebut, Perhutani memiliki areal hutan pinus yang produktif. Sampai saat ini hutan pinus di wilayah itu menghasilkan getah pinus yang jadi sumber devisa bagi negara.

Dengan demikian, para petani di dekat lahan hutan tersebut semakin terdorong untuk menjaga kelestarian dan keamanan hutan yang berdekatan dengan pemukiman mereka. Program tersebut bertujuan untuk peningkatan produksi pangan sekaligus meningkatkan perekonomian atau kesejahteraan petani peserta program.

Nama Media : KEDAULATAN RAKYAT
Tanggal    : Kamis, 20 Oktober 2011, Hal. 14
Penulis    : Dwi
TONE       : POSITIVE

Tags: