Perhutani : Berbagi Pagi Bersama Menteri Negara BUMN DAHLAN ISKAN

Jarum jam tepat menunjuk angka 08.05 pagi, ruangan Sekretariat Direksi Perhutani di lantai 10 Gedung Manggala Wanabakti Blok 7 tiba-tiba dikagetkan dengan kehadiran seorang pria sederhana berbaju katun putih bersepatu sport warna hitam. Tamu tersebut langsung menyapa staf protokoler dari balik kaca, sontak staf kaget bukan kepalang, karena yang ada di depannya pagi itu DAHLAN ISKAN, Menteri Negara BUMN RI yang beberapa waktu lalu dilantik Presiden Susilo Bambang Yudoyono di Istana Negara. Beliau langsung masuk ke ruangan Direktur Utama yang saat itu kosong karena sedang menunaikan ibadah haji.

Diterima Kepala Biro Humas Protokoler Perhutani di ruang kerja sekretariat, Dahlan Iskan bertanya tentang hal-hal yang sederhana mulai dari ruangan kerja, jam kerja, kegiatan hari ini sampai ke hobi di luar kantor kepada para staf. Diskusi ringan dan sangat menyenangkan.

Dalam kunjungan tersebut, Dahlan Iskan berdiskusi dengan Heru Siswanto Direktur Industri Perum Perhutani menanyakan target produksi dan pendapatan Perhutani tahun ini dan kinerja perusahaan, sambil berjalan melihat satu persatu ruang kerja masing-masing Direktur Perhutani di lantai sepuluh yang menurut beliau cukup sederhana, sekaligus meninjau ruangan Dewan Pengawas di lantai yang sama.

Memasuki ruang Kawah Putih, ruang rapat utama Perhutani, kembali beliau menanyakan apakah setiap hari Selasa ada rapat Direksi. Diberikan penjelasan oleh Heru Siswanto bahwa Perhutani telah melaksanakan Rapat Kinerja Manajemen dan Rapat Tinjauan Manajemen serta pimpinan unit kerja sejak tahun 2010 secara rutin, Dahlan Iskan langsung mengacungkan jempol dan toast tangan dengan Direktur Industri. Demikian juga pelaksanaan rapat Direksi dengan Pimpinan Unit di daerah dilakukan melalui mekanisme teleconference. ” Itu bagus sekali, teruskan” demikian pesan Dahlan Iskan.

Tepat jam 08.40, Menteri Negara BUMN meninggalkan kantor Perhutani menuju kantor Inhutani IV di lantai 14 gedung yang sama. Kehadiran Dahlan Iskan ke kantor pusat Perhutani dirasakan Hari Priyanto Sekretaris Perusahaan Perhutani yang juga ikut mendampingi sebagai sebuah sikap yang sangat memotivasi karyawan (Humas PHT).

Artikel Terkait: