Kebun Bibit Pompok Landak Siapkan 320.000 Pohon

Kebun Pembibitan Pobon Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten di Pompok Landak Kabupaten Cianjur menyiapkan 320.000 batang tanaman butan produksi. Semuanya untuk memenuhi kebutuhan pihak ketiga dalam upaya mendukung program penanaman satu miliar pohon (one billion Indonesian trees/Obit).

“Target pembibitan tahun 2011 sebanyak 320 pohon, atau meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun 2011. Salah satunya menyiapkan pohon untuk pihak ketiga secara cuma-cuma,” kata Wakil Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Cianjur, Edih Jayawiguna di Ciranjang Cianjur, Selasa (1/11).

Pembibitan tanaman keras produktif itu dilakukan di lahan seluas lima hektar dengan jenis tanaman yang dikembangkan amelina, jati perhutani plus (JPP), nangka, mahoni, dan beberapa jenis lainnya. Khusus untuk jati, kebun pembibitan Pompok Landak memiliki kebun stek khusus dengan jenis jati yang handal dari Jawa Tengah.

“Pembibitan sebagian besar tanaman cepat tumbuh gamelina sebanyak 129 pohon batang pohon, kemudian jati 90.000 pohon, sisanya pinus dan tanaman lainnya,” kata Edih.

Lebih lanjut Edih menyebutkan, khusus untuk tanaman yang akan disebarkan kepada pihak ketiga jumlahnya diperbanyak dibandingkan 2010. Hal dilakukan, karena permintaan bibit tanaman terus meningkat untuk keperluan hutan rakyat atau kebutuhan gerakan rehabilitasi lahan kritis (GRLK).

Sedangkan pohon pinus hanya dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pohon dari Perhutani KPH Cianjur dan Bogor. “Pembibitan pohon di Pompok Landak dilakukan sejak 1992. Bila sebelumnya hanya memenuhi kebutuhan pohon untuk Perhutani, sekarang dikembangkan untuk memenuhi bibit pohon untuk pihak ketiga,” kata Edih.

Untuk itu, pihaknya melakukan terobosan dengan menyiapkan tanaman yang mudah menghasilkan bagi masyarakat yakni dengan pohon cepat tumbuh seperti alba, sengon, gamelina, dan lainnya. Khusus pohon gamelina, kata Edih saat ini cukup potensial dikembangkan. (ck 221/4)

Nama Media : PELITA
Tanggal         : Kamis, 2 November 2011/h. 8
Penulis           : ck
TONE              : POSITIVE

Tags: