Kopi Robusta Dikembangkan di Wadaslintang Wonosobo

Warga Desa Tirip, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah mengembangkan budidaya kopi robusta untuk meningkatkan potensi ekonomi daerah setempat sekaligus sebagai upaya penghijauan lingkungan. Tahun ini, ditargetkan 100.000 tanaman kopi jenis robusta dapat ditanami di wilayah tersebut.

”Petani yang tergabung dalam kelompok Subur Sejahtera ini ditargetkan mampu menghasilkan bibit tanaman kopi sebanyak 100.000 batang ukuran tujuh cm dalam waktu satu tahun.”— Pujiono Ketua Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) area Wadaslintang dari Perum Perhutani, Pujiono, Kamis (17/11/2011) mengatakan, kopi robusta merupakan salah satu potensi unggulan Wadaslintang. “Petani yang tergabung dalam kelompok Subur Sejahtera ini ditargetkan mampu menghasilkan bibit tanaman kopi sebanyak 100.000 batang ukuran tujuh cm dalam waktu satu tahun.” terangnya. 

Budidaya kopi robusta sebagai realisasi program desa vokasi binaan Dinas Pendidikan pemuda dan Olahraga Wonosobo. “Harapannya, potensi kopi dan pembibitan tanaman kopi di Kecamatan Wadaslintang makin berkembang untuk menopang perekonomian masyarakat,” terangnya. Pujiono menuturkan, selain masyarakat mengenal budidaya kopi, peluang pemasaran juga terbentuk sehingga masyarakat tidak sulit menjual produk. Selain itu, anggota kelompok pembudidaya tanaman bibit kopi akan dibekali tata cara budidaya yang baik dan benar sehingga menghasilkan produk unggul dan siap bersaing di pasaran. Dalam hal ini, petani juga akan dibekali tentang manajemen usahanya.

Ketua Kelompok Tani Desa Tirip, Suryanto mengatakan, pengembangan tanaman bibit kopi diharapkan mampu mengangkat citra desa dan mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat. Saat ini kelompok tani belajar tata cara pembibitan dengan target mampu membuat 100.000 bibit tanaman kopi. Bibit itu rencananya ditanam di wilayah Wadaslintang dan sebagian dijual. Target ke depan, kelompok tani Desa Tirip dapat melayani penjualan bibit tanaman kopi.

Website   : KOMPAS.COM
Link         : http://regional.kompas.com/read/2011/11/17/12275448/Kopi.Robusta.Dikembangkan.di.Wadaslintang.Wonosobo
Tanggal  : Kamis, 17 November 2011 | 12:27 WIB
Penulis    : Gregorius Magnus Finesso/Robert Adhi Ksp
TONE       : POSITIVE

Tags: ,