Lari Sambil Tanam Pohon di Gunung Lemongan

Laskar Hijau, lembaga swadaya masyarakat untuk konservasi alam dan lingkungan di Lumajang, Jawa Timur, akhir pekan ini memprakarsai sebuah acara yang unik, yaitu “Lemongan Conservation Run” atau “Lari sambil Tanam di Kawasan Gunung Lemongan, Jatim”.

Belum lama ini, tercatat gunung setinggi 1.676 meter di atas permukaan laut (DPL) mengalami kebakaran di sejumlah kawasan hingga empat kali sehingga menyebabkan sejumlah kerusakan lingkungan.

Demikian disampaikan Kordinator Organisasi Kerelawanan untuk Konservasi Laskar Hijau A’ak Abdullah Al-Kudus kepada Kompas, Sabtu (12/11/2011) melalui surat elektronik (email).

Menurut A’ak, acara ini berlangsung dua hari, sejak Sabtu pagi tadi hingga Minggu (13/11/2011) besok itu. Pesertanya sekitar 115 orang yang semuanya adalah pecinta alam.

Sebanyak 15 orang di antaranya peserta run extrem, yang berasal dari sejumlah daerah, termasuk Jakarta, akan berlari terus menerus hingga ke puncak Gunung Lemongan dari titik awal pemberangkatan di Ranu Lemongan, Desa Klakah, Lemongan.

“Adapun 100 orang lainnya hanya berlari hingga Watu Silang, salah satu kawasan konservasi yang belum lama ini terbakar di punggung Gunung Lemongan. Mereka akan menanam di kawasan itu,” tambah A’ak.

Sebanyak 100 orang itu terdiri atas anak-anak sekolah rakyat Merdeka Ranu Klakah, mahasiswa Universitas Ma Chung, Malang, dan Universitas Airlangga, Surabaya, serta Yon Infanteri 527 Lumajang, SAR Kabupaten Lumajang, Perhutani KPH Probolinggo, dan aktivis lingkungan di Lumajang.

Website : KOMPAS.COM
Link : http://regional.kompas.com/read/2011/11/12/15481732/Lari.Sambil.Tanam.Pohon.di.Gunung.Lemongan
Tanggal : Sabtu, 12 November 2011 | 15:48 WIB
Penulis : Suhartono | Agus Mulyadi
TONE : POSITIVE

Tags: