Negara Lain Jangan Jadi Tukang Tadah Illegal Logging

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta negara lain untuk tidak menjadi tukang tadah bagi hasil illegal logging hutan Kalimantan ataupun hutan lain di Indonesia. Menurut Presiden, sikap tersebut bisa mendorong upaya pelestarian hutan. Presiden mengungkapkan, menjaga hutan Kalimantan serta hutan lain di Indonesia merupakan tanggung jawab bersama masyarakat dunia. Hutan-hutan tersebut merupakan paru-paru dunia yang berperan besar dalam mengurangi gas rumah kaca. Presiden mengapresiasi langkah dunia yang ikut mendukung Indonesia dalam menjaga hutan Kalimantan dan hutan lainnya. Namun, Presiden juga mengingatkan masih banyak pihak yang justru ikut andil merusak kelestarian hutan-hutan Indonesia.

“Ada unsur-unsur di dunia, sindikat-sindikat yang kongkalikong untuk melakukan illegal logging. Jadi saya minta pengertian negara-negara lain pun untuk punya tanggung jawab yang sama. Jangan menjadi tukang tadah dari illegal logging yang terjadi di Indonesia,” papar Presiden pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Pohon (BMN) di Bukit Merah Putih, Citeureup, Bogor, Jawa Barat,kemarin. Presiden menuturkan, upaya pelestarian hutan ataupun penanaman pohon harus terus digalakkan mengingat pemanasan global serta perubahan iklim yang ekstrem mengancam dunia. Sebagai bagian dari upaya menahan laju pemanasan global,mulai 2010 Indonesia menggiatkan Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon. Pada tahun itu saja, realisasi program tersebut mencapai 1,7 miliar atau setara dengan 10.675.000 ton CO2.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan optimistis target penanaman 1 miliar pohon akan tercapai pada Januari 2012. Hingga kini realisasinyatelah mencapai 827 juta batang pohon atau 80% dari target. “Keberhasilan ini tidak lepas dari partisipasi masyarakat dan pemerhati lingkungan,”kata Zulkifli. Dia menambahkan, tiap tahun realisasi penanaman pohon selalu melebihi target. Pada 2008 misalnya tertanam 114 juta batang pohon, padahal target yang ditetapkan hanya 100 juta batang. Pada 2009, jumlah batang pohon yang ditanam mencapai 251 juta atau melebihi target yang hanya 230 juta pohon.

Gerakan menanam 1 miliar pohon merupakan salah satu komitmen Kemenhut dalam menghijaukan Indonesia. Komitmen lain ditunjukkan dengan sikap Kemenhut yang memilih untuk tidak memberikan lagi izin atau konsesi bagi pembukaan lahan primer dan gambut mulai 2010.“Satu-satunya tugas pokok Kemenhut adalah menanam pohon,”ucapnya. Pada acara kemarin diberikan pula penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur Soekarwo sebagai Juara I Lomba Penanaman 1 Miliar Pohon tingkat provinsi serta Bupati Bojonegoro Suyoto di tingkat kabupaten. Penghargaan juga diberikan pada sejumlah BUMN serta perusahaan swasta yang dianggap berperan besar dalam mendukung upaya penanaman pohon seperti PT Djarum Tbk, BRI, Bank BNI 46,Adaro Indonesia, serta Perum Perhutani.

Nama Media  : SINDO / SEPUTAR INDONESIA
Tanggal          : Selasa, 29 November 2011, Hal. 16
Penulis            : Maesaroh
TONE               : POSITIVE