Satu Miliar Pohon Bakal Lampaui Target

Puncak Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon di Bukit Merah Putih, Peace Keeping Centre, Sentul, Bogor, Jawa Barat, telah terlaksana. Meski realisasi penanaman hingga November 2011 baru 80 persen, Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan optimistis akan mengulang sukses serupa seperti tahun sebelumnya. “Kami yakin, hingga Januari 2012 penanamannya akan melampaui target,” kata Menhut di lokasi peringatan HMPI, Senin (28/11).

Realisasi penanaman pohon berjumlah 827 juta batang. Jumlah itu, katanya, setara dengan 4,9 juta ton C02. Penanaman satu miliar pohon tahun ini merupakan gerakan nyata penanaman pohon secara serentak. Tujuannya menambah tutupan lahan. Tutupan lahan itu untuk mencegah banjir dan longsor. Selain itu juga konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbon untuk mencegah dampak perubahan iklim Penanaman juga mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi, ketersediaan air, dan kesejahteraan masyarakat.

Dirjen Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP-DAS) dan Perhutanan Sosial, Harry Santoso, memerinci 827 juta batang pohon itu di antaranya penanaman untuk rehabilitasi kawasan konservasi (40 juta batang pohon). Juga penanaman hutan kota (400 ribu batang), penghijauan lingkungan (36 juta batang), rehabilitasi mangrove (13 juta batang), dan hutan tanaman industri (350 juta batang).

Sumber bibit pohon juga berasal dari bibit kayu hutan rakyat (120,67 juta batang). Berikutnya dari bibit pengada pengedar (88 juta batang), Perum Perhutani (24,6 juta batang), dan perkebunan (150 juta batang). Menhut mengatakan, perkembangan pohon yang ditanam akan dipantau dengan sistem satelit. Sebab, pada setiap lokasi penanaman pohon menggunakan sistem koordinat GPS. “Pemantauan langsung berada di bawah Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4),” katanya.

Harry menambahkan, seluruh areal penanaman Kemenhut pasti menggunakan sistem pemantauan satelit. “Bagi lokasi-lokasi penanaman oleh pemerintah daerah, Kemenhut juga melakukan verifikasi lapang,” kata Harry kepada Republika, Senin (28/11). Bentuknya verifikasi administrasi teknis, pemetaan, hingga persetujuan pemetaan. Nantinya, kata Harry, Kementerian Kehutanan akan membuka sistem online yang bisa diakses se1uruh pelaksana penanaman pohon di beberapa daerah untuk melaporkan perkembangan tanaman pohonnya dari tahun ke tahun.

Pada 2010, kata dia, realisasi penanaman pohon mencapai 1,7 miliarpohon. Angka itu setara dengan 10,675 juta ton C02. Menurut Menhut, apabila pada 2009 satu orang menanam satu pohon selama kurun waktu setahun ditingkatkan menjadi satu orang menanam satu pohon setiap bulan selama kurun waktu setahun, maka dalam waktu setahun akan tertanam 2,76 miliar pohon.

Nama Media   : REPUBLIKA
Tanggal             : Selasa, 29 November 2011, Hal. 15
Editor                : Zaky al hamzah
TONE                 : NETRAL