Sukseskan Penanaman 1 Miliar Pohon Setiap Tahun

Hal ini disampaikan Presiden SBY saat memberikan amanat pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, 28 Nopember 2011 di Sentul. Banyak pohon banyak rezeki. Alam akan lestari dan masyarakat semakin sejahtera dan terlindungi dengan kian banyaknya pohon yang ditanam. Meningkatkan kegiatan sebelumnya di tahun lalu, pada 2011 ini Pemerintah RI melalui Kementerian Kehutanan kembali menggelar program Penanaman minimal 1 Miliar Pohon. Pada puncak peringatan HMPI tersebut presiden SBY menanam pohon Baubab / Kitambleg, Ibu Ani Yudhoyono menanam pohon Tangkil, Wapres Boediono menanam Suren, dan Ibu Herawati Boediono menanam pohon Salam. Pada kesempatan tersebut Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menanam pohon Rasamala, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menanam pohonMindi,serta Panglima TNI Agus Suhartono menanam pohon Sungkai.

Selain memimpin penanaman pohon secara serentak, Presiden SBY juga menyerahkan penghargaan kepada H. Sukarwo, Gubernur Jawa Timur, H. Bibit Waluyo, Gubernur Jawa Tengah, serta H. Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulawesi Selatan sebagai juara I, II, dan III lomba Penanaman Satu Milyar Pohon Tahun 2010 Tingkat Gubernur. H. Bibit Waluyo sekaligus menjadi Juara Umum Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Wana Lestari Tahun 2011 Tingkat Nasional. Presiden SBY juga menyerahkan piala kepada juara I, II, dan III lomba penanaman satu milyar pohon tahun 2010 tingkat kabupaten yaitu H. Suyoto, bupati Bojonegoro, jatim, Hendro Martojo, bupati jepara, jateng, dan H. Zaini arony, Bupati Lombok Barat.

Kementerian Kehutanan menargetkan penanaman pohon minimal 1 miliar pohon pada 2011. Tahun 2010 lalu target tersebut terpenuhi, bahkan tertanam sedikitnya 1,3 miliar pohon. Menurut Zulkifli Hasan, Menteri Kehutanan, tahun 2011 ini kementeriannya menyediakan 600 juta batang bibit dari Kemenhut, 500 juta dari PT Inhutani dan Perum Perhutani, dan 600 juta batang bibit dari pengusaha tanaman industri.  Kemenhut mengharapkan penanaman 1 miliar pohon dapat menjadi solusi bagi perbaikan lingkungan dan penanggulangan bencana yang terus-menerus terjadi. Selain itu bila hutan tanaman baik di kawasan hutan maupun kawasan rakyat dapat terus berkembang, produksi kayu Indonesia akan terus bertambah secara kuantitas dan kualitas, sehingga dapat menyaingi industri kayu Cina.

Hari Menanam Pohon Indonesia, 28 Nopember
Melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2008, Pemerintah telah menetapkan tanggal28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN). Pada peringatan HMPI tahun 2010 di jatiluhur, Presiden RI telah mengamanatkan untuk melakukan Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon setiap tahun. Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2011 ini dilaksanakan pada Senin (28/11) di Bukit Merah Putih, Santi Dharma Indonesia Peace and Security Centre, Sentul, Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

Peringatan ini merupakan salah satu upaya menumbuhkan budaya menanam di masyarakat. Tercatat program penanaman yang telah dilaksanakan Kementerian Kehutanan antara lain Aksi Penanaman Serentak Indonesia (tahun 2007 dan 2008), Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (tahun 2007), Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional (tahun 2008), serta Satu Orang Satu Pohon (One Man One Tree tahun 2009). Keberhasilan seluruh program tersebut memacu pemerintah untuk meluncurkan program Penanaman 1 Miliar Pohon tahun 2010 dengan motto “Satu Miliar Pohon Indonesia untuk Dunia” atau “One Billion Indonesian Trees for the World”.

Realisasi Program Penanaman 1 Miliar Pohon tahun 2010 tercapai 1,7 miliar pohon, atau setara dengan 10.675.000 ton CO2. Program Penanaman 1 Miliar Pohon tahun 2011 ini merupakan kelanjutan dari program serupa tahun 2010. Realisasi Program Penanaman Satu Miliar Pohon tahun 2011, mulai dari tanggal 1 Februari 2011 hingga saat ini mencapai 827 juta batang (80%) atau setara dengan 4.900.000 ton Co2. Penanaman 1 Miliar Pohon tahun 2011 ini merupakan gerakan nyata penanaman pohon secara serentak yang bertujuan untuk menambah tutupan lahan dan mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor, konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbon untuk mencegah dampak perubahan iklim, serta mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi, dan ketersediaan air untuk kesejahteraan masyarakat.

Selain program Penanaman 1 Miliar Pohon tahun 2010 dan tahun 2011 ini, suksesnya program One Man One Tree tahun 2009 juga masih dapat ditingkatkan. Apabila pada tahun 2009, 1 orang menanam 1 pohon selama kurun waktu 1 tahun ditingkatkan menjadi 1 orang menanam 1 pohon setiap bulan selama kurun waktu 1 tahun, maka dalam waktu 1 tahun akan tertanam 2,76 miliar pohon! Secara individu, secara keluarga, kelompok, RT, RW, Desa, Kelurahan/Kecamatan, Wilayah, hingga Pemerintah Daerah harus diupayakan berpartisipasi melakukan penanaman pohon. Kita harus mulai dari diri sendiri, kita mulai dari lingkungan kita sendiri, kita mulai dari sekarang. Mari bersama kita dukung Penanaman 1 Miliar Pohon Tahun 2011, ONE BILION INDONESIAN TREES FOR THE WORLD! Gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon, harus terus digelorakan dan dilakukan secara kontinyu pada setiap tahun masa tanam. Dalam waktu 5 sampai 10 tahun mendatang, bangsa Indonesia akan menikmati indahnya bumi Indonesia hijau berseri dengan masyarakatnya yang sejahtera, jauh dari bencana.

Nama Media  : SINDO / SEPUTAR INDONESIA
Tanggal            : Selasa, 29 November 2011, Hal. 2
Penulis             : Esthi
TONE                : NETRAL