Citibank Memfasilitasi Pembiayaan Perhutani

Citibank Indonesia memberikan fasilitas structured trade ke Perum Perhutani senilai Rp 400 miliar. Fasi litas bank garansi ini memungkinkan Perhutani memper oleh hasil penjualan lebih cepat. Selain itu, risiko berku rang karena Citibank ikut menanggungnya. “Citibank adalah satu-satunya bank di Indonesia yang menyediakan fasilitas ini,” kata Direktur Keuangan Perum Perhutani, A. N.S Kosasih, kemarin (7/12).

Bambang Sukmananto, Direktur Utama Perum Perhutani, menimpali, kerjasama ini dapat meningkatkan kinerja keuangan dan memudahkan ekspor. “Lewat fasilitas Citibank, pembayaran akan lebih cepat,” katanya.

Dalam skema ini, Citibank menanggung risiko seluruh piutang dagang Perhutani. Jadi, andai pihak pembeli cidera janji, Perhutani terhindar dari kerugian. “Bunganya single digit,” kata Tigor M. Siahaan, Citi Country Officer Citibank Indonesia Sedangkan management fee sebesar 0,05%.

Hadi Daryanto, Sekjen Kementerian Kehutanan, mengatakan selama ini belum ada bank yang melirik industri kehutanan. Bank menganggap bisnis ini berisiko tinggi dan agunannya kurang jelas. Dia berharap langkah Citibank ini memotivasi bank lain untuk ikut masuk ke bisnis ini.

Nama Media : KONTAN
Tanggal           : Kamis, 8 Desember 2011, Hal. 11
Penulis            : Mona Tobing
TONE               : POSITIVE

Tags: