Menhut Gandeng Sinarmas Forestry

Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan meneken nota kerja sama (MoU) dengan Sinarmas Forestry dan Eka Tjipta Foundation. Kerja sama itu untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang profesional di bidang kehutanan.

Nota kesepakatan itu dilakukan dalam acara wisuda 158 lulusan pertama siswa SMK Kehutanan pada 2012. “Saya menyambut gembira 158 lulusan pertama ini, insya Allah pekerjaan sudah menanti di depan mata kalian,” ujar Zulkifli Hasan saat memberikan sambutan dalam acara wisuda SMK Kehutanan 2012, Senin (4/6), di Jakarta.

Penandatanganan kerjasama multipihak ini untuk meningkatkan SDM kehutanan dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P2SDM) Kehutanan. Sinarmas Forestry melalui PT Arara Abadi dan mitra-mitranya memberi kesempatan bagi siswa-siswi lulusan SMK Kehutanan untuk melakukan praktik kerja dan magang.

Setidaknya dalam lima tahun ke depan, kata Zulkifli, PT Arara Abadi dan mitranya akan menjadi tempat kerja praktik dan magang bagi siswa dan alumni SMK Kehutanan. PT Arara Abadi dan mitranya, menurut Menhut, juga akan merekrut sebanyak 50 orang dari total 158 alumni SMK Kehutanan lulusan tahun 2012 yang baru diwisuda untuk menjadi karyawan.

Adapun Sinarmas Forestry juga akan menyediakan beasiswa strata 1 (SI) bagi lulusan peringkat pertama hingga ketiga dari lima SMK Kehutanan di bawah pengelolaan Badan P2SDM Kehutanan. Mereka diberi kesempatan melanjutkan studi di kampus-kampus mitra Eka Tjipta Foundation.

“Sebagian besar siswa sudah akan diterima oleh Sinarmas Forestry dan Perum Perhutani, untuk siswa dan siswi berprestasi jangan sia-siakan kesempatan beasiswa dari Sinarmas Forestry dan Eka Tjipta Foundation,” kata kader PAN ini.
Kesepakatan kerja sama itu, kata Zulkifli, akan memberikan keuntungan bagi kedua pihak. Hal ini mengingat SDM kehutanan tentu sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang berada di bawah Sinarmas Forestry guna mendukung proses produksi dan operasional perusahaan.

Sebaliknya, bagi lulusan SMK Kehutanan, MoU ini dapat menjadi jaminan akan adanya lapangan pekerjaan yang tersedia seusai siswa dan siswi menyelesaikan jenjang pendidikan. “Para lulusan SMK Kehutanan diharapkan tidak lagi menemukan kesulitan dalam mencari pekerjaan,” kata Zulkifli.

Dalam kesempatan yang sama, Sinar Mas Forestry menyerahkan bantuan sebanyak 1.000 mushaf Alquran secara simbolis kepada Kementerian Kehutanan. Alquran ini dicetak di atas kertas buatan Asia Pulp and Paper (APP) yang berkualitas tinggi dan besertifikat halal serta telah diekspor ke mancanegara, termasuk negara-negara Timur Tengah.

REPUBLIKA :: Selasa, 05 Juni 2012 Hal. 18