1.000 Peserta Ikuti Festival Kawah Putih

Sekitar 1.000 peserta akan tampil memeriahkan Festival Kawah Putih 2012, yang digelar di objek wisata Kawah Putih, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, 615 Juli mendatang. Jumlah peserta tersebut naik dua kali lipat dibandihgkan penyelenggaraan tahun lalu.

Kepala Biro Ekowisata, Jasa Lingkungan, dan Usaha Lain Perum Perhutani Unit III, Lies Bahunta, di Bandung, Selasa (3/7). mengatakan, para peserta tersebut berasal dari seluruh Jawa Barat, Banten, bahkan dari Jakarta. Mereka siap menampilkan berbagai atraksi, kesenian, dan budaya masyarakat Sunda di Festival Kawah Putih.

“Meningkatnya jumlah peserta juga disebabkan penyelenggaraan yang memang digelar pada masa liburan. Ini juga diharapkan membuat festival tersebut lebih meriah, dibandingkan sebelumnya yang digelar Desember 2011,” katanya.

Menurut Lies, Festival Kawah Putih sangat menonjolkan berbagai aspek kesundaan, seperti pasanggiri tembang kawah putih, lomba lintas alam, sunatan massal, festival pengantin tradisional, lomba foto, pentas seni, upacara adat, dll. Kegiatan itu melibatkan para penggiat seni dan budaya di Jawa Barat dan Banten, yang didukung Pemkab Bandung dan Pemprov Jabar.

Untuk memeriahkan Festival Kawah Putih, lies mengatakan, khusus warga Kec. Rancabali, Kab. Bandung, panpel akan memberikan tiket gratis. Ini dimaksudkan agar warga setempat ikut mengapresiasi berbagai kesenian yang ditampilkan pada festival.

Upayakan raih ISO
Sementara itu, Site Manager Kawasan Kawah Putih, Lius L, mengatakan, kawasan tersebut saat ini sedang dilakukan sertifikasi secara ISO Indonesia dan Stuff dari Jerman. Diharapkan, kedua sertfikasi tersebut dapat diperoleh pada 2012, karena kawasan Wanawisata Kawah Putih akan ditingkatkan menjadi skala internasional.

Sebagai konsekuensi, menurut dia, penataan kembali kawasan Kawah Putih akan dilakukan pada 2013. Hal itu untuk mengikuti standar nasional maupun internasional, di mana saat ini para wisatawan mancanegara banyak mengunjungi tempat wisata ini. (A81)***

PIKIRAN RAKYAT :: Rabu, 4 Juli 2012 Hal. 5