Asyiknya Berwisata Alam dan Berkemah di Gunung Bunder

Tepatnya Gunung Bunder ini terletak di kawasan wisata Gunung Salak Endah. Untuk menuju kesana, anda bisa melewati jalan ke arah Institut Pertanian Bogor atau IPB, setelah beberapa kilometer melewati IPB, anda akan menemukan sebuah jalan menuju ke Gunung Bunder melewati Cikampek dengan jalur yang sedikit sulit, atau alternatif lain melewati Cibatok yang relatif lebih aman untuk kendaraan roda empat. Tempat ini termasuk dalam kawasan taman nasional gunung halimun salak.

Gunung Bunder sendiri merupakan hutan milik perhutani yang sebagian besar ditumbuhi pohon pinus. Di kawasan Gunung Bunder, anda bisa menemukan beberapa tempat wisata menarik berupa air terjun seperti Curug Cadas, Curug Cihurang, Curug Ngumpet, Curug Cigamea, Curug Pangeran, dan Curug Seribu. Selain itu terdapat juga kawasan wisata Kawah Ratu.

Dengan ketinggian mencapai 1050 meter dari permukaan laut, wana wisata Gunung Bunder adalah tempat yang sejuk dan masih cukup alami. Dan lokasi ini bisa menjadi alternatif wisata selain kawasan puncak yang sudah cukup padat.

Wisata alam Gunung Bunder
Saat berwisata di sini, setiap lokasi wisata terdapat pintu masuk di mana pengunjung harus membayar ongkos masuk, sebaiknya selalu minta tiket tanda masuk di setiap pintu.

Menginap di Gunung Bunder
Mengingat begitu banyak kawasan yang bisa dikunjungi di kawasan wisata Gunung Bunder, tentunya anda tidak bisa mengunjungi semua tempat sekaligus. Anda bisa menginap di kawasan ini. ada 2 pilihan untuk menginap. Jika anda seorang petualang, di lokasi ini tersedia camping ground untuk berkemah.

Namun jika anda ingin berlibur dengan lebih nyaman, disini juga tersedia beberapa villa dan resor untuk menginap. Salah satu yang cukup terkenal di tempat ini adalah The Michael Resort yang merupakan resor mewah dengan fasilitas yang lengkap.

Selain fasilitas penginapan, kawasan ini juga tersedia fasilitas outbond. Ada juga rute treking dan hiking yang bisa ditelusuri untuk menuju berbagai air terjun di kawasan ini. Gunung Bunder bisa menjadi referensi bagi anda bersama keluarga atau teman teman anda untuk menikmati keindahan alam yang memukau sekaligus berpetualang alam. Selamat berwisata alam!

Warta Kota :: 15 Juli 2012, Hal. 20