Hambalang Dihijaukan dengan 559.000 Pohon

PT. Astra International Tbk menanam 550.000 pohon di Bukit Hambalang tepatnya di areal Bogor Edu Forest, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7). Penanaman pohon diawali dengan penandatanganan kesepakatan antara perusahaan itu dengan Perum Perhutani yang disaksikan Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan.

“Penanaman 550.000 pohon dilakukan di atas lahan seluas 500 hektare yang akan dilakukan selama tiga tahun ke depan terhitung dari 2012,” kata Direktur PT Astra International Tbk Widya Wiryawan. Widya mengatakan, penanaman pohon dilakukan bersama anak perusahaan yang terdiri dart enam ini bisnis yakni otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis, infrastruktu dan logistik serta teknologi informasi.

Ia menyebutkan, program penghijauan tersebut dapat menjadi bagian dari pembelajaran tentang kehutanan, keanekaragaman hayati serta pendidikan lingkungan bagi masyarakat untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman tentang tropis di Indonesia. Sesuai dengan nama programnya “Bogor Eco Edu Forest”. Hal ini sejalan dengan sa1ah satu butir Catur Dharma Astra yakni menjadi mi1ik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” katanya.

Ia mengatakan, gerakan penanaman tersebut sebagai sa1ah satu upaya mendukung gerakan penanaman pohon 1 miliar yang telah dicanangkan pemerintah. Jenis pohon yang akan ditanam diantaranya Sengon, Jabon, Pinus, Rasamala dan Trembesi. Pada 2012 akan ditanam sebanyak 110.000 pohon dan akan terus dilanjutkan selama tiga tahun hingga sebanyak 550.000 pohon,

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyambut baik gerakan penghijauan yang dilakukan perusahaan itu. Dukungan pihak swasta dalam upaya penghijauan kembali kawasan hutan sangat diharapkan. “Pemerintah memiliki keterbatasan dana. Dengan peran swasta menggiatkan gerakan penghijauan ini sangat membantu pemulihan hutan kita. Tapi saat ini gerakan tidak hanya seremonial saja tapi keseriusan untuk memelihara dan menjaganya,” kata Menteri.

Menteri mengatakan, bahwa gerakan penanaman kembali telah menjadi gerakan nasional yang mulai banyak diterapkan termasuk program kerja sama Perhutani dan Astra menanam di kawasan Bukit Hamba1ang. “Diharapkan gerakan ini bisa menjadi bola salju di kalangan para pengusaha melalui program tanggungjawab sosial perusahaan dalam membantu pelestarian lingkungan hidup,” kata Menteri.

Selain menanaman pohon, dalam kesempatan tersebut PT Astra International Tbk juga menyerahkan bantuan berupa 1 unit mobil Daihatsu Xenia 1.300 cc kepada Bina Pengelola Daerah Aliran Sungan (BPDAS) Citarum Ciliwung yang akan digunakan sebagai kendaraan operasional program “Gerakan penanaman 1 miliar pohon”.

Tidak hanya itu, perusahaan itu juga menyerahkan secara simbolik bantuan pengembangan Kebun Bibit Rakyat (KBR) kepala kelompok Tani Arayan Santoso yang merupakan binaan Dharma Wanita Kementerian Kehutanan dengan PT Astra International Tbk yang memiliki program pembinaan masyarakat desa hutan di area Babakan Madang.

Progam 550.000 pohon itu merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-55 Astra yang jatuh pada 20 Februari 2012 dengan tema “Berbagi bersama bangsa”. Peruashaan itu memulai gerakan penanaman sejak 2008. Hingga kini telah ditanam sebanyak 895.379 pohon. (don)

PELITA :: 19 Juli 2012, Hal. 9