Lihat Upacara Ruwatan di Festival Kawah Putih

Festival Kawah Putih akan berlangsung pada 16-17 Juli 2012. Agendakan kunjungan wisata Anda ke Bandung pada tanggal tersebut. Festival yang bertempat di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, itu akan menampilkan kebudayaan Sunda dan aneka lomba.

“Lintas alam merupakan salah satu kegiatan Festival Kawah Putih ini, lainnya akan digelar ruwatan, lomba tembang Sunda, pameran serta kegiatan seni budaya lainnya,” kata General Manager Ekowisata, Lingkungan dan Jasa Perum Perhutani Unit III Jabar & Banten Lies Bahunta di Bandung, Selasa (3/7/2012).

Menurutnya, Festival Kawah Putih akan digelar secara rutin tiga tahun sekali dengan mengoptimalkan potensi dan kearifan lokal masyarakat di kawasan Gunung Patuha. Wisata Kawah Putih menyuguhkan pesona wisata gunung api purba yang sudah tidak aktif lagi.

Selain itu juga digelar lomba foto pernikahan, foto alam dan festival foto. Lintas Alam “Giri Wana Rally” akan menjadi salah satu agenda untuk memeriahkan tersebut. “Peserta lintas alam seluruh KPH di Jabar dan Banten, pelajar, Pramuka Saka Wanabhakti serta masyarakat umum. Lokasinya di seluruh lokasi wisata di Ciwidey,” kata Lies.

Menurut Lies, lintas alam Giri Wana yang akan memperebutkan hadiah total Rp10 juta itu menjadi salah satu kegiatan untuk memperkenalkan kawasan ekowisata Kawah Putih, Patenggang, Perkemahan Rancaupas dan lainnya.

“Start” akan dilakukan di Kampung Cai Rancaupas dan “finish” di Kawah Putih. Para peserta akan menyusuri sejumlah kawasan wisata alam di jalur wisata di kawasan itu.

Rabu, 4 Juli 2012 | 09:43 WIB
Kompas.com ::: Ni Luh Made Pertiwi F