Menhut Tanam Pohon Di Areal Perum Perhutani Hambalang

Bogorplus.com – Dalam rangka menyukseskan gerakan penanaman satu miliar pohon di tahun 2012, Kementerian Kehutanan dan Perum Perhutani bekerja sama dengan PT Astra Internasional melakukan penandatanganan kerja sama antara  Perum Perhutani dengan PT Astra Internasional, sekaligus penanaman 550.000 pohon, di Eco Edu Forest Babakan Madang, Kecamatan Sentul, Kabupaten Bogor, pada Rabu (18/7/12).

Penandatanganan kesepatan dilakukan oleh Direktur Utama Perum Perhutani, Bambang Sukmananto dan Chief Of Corporate Environment and Social Responsibility PT Astra Internasional, Arief Istanto yang disaksikan oleh Menteri Kehutanan RI, Zulkifli Hasan dan  Direktur PT Astra Internasional, Widya Wiryawan.

Dalam sambutannya, Zulkifli Hasan menerangkan bahwa sinergitas antara pemerintah, BUMN dan pihak Swasta dalam upaya mengurangi emisi dinilai sangat penting dan strategis. Menurutnya, dalam menyukseskan gerakan penanaman satu miliar pohon, seluruh elemen-elemen bangsa turut andil untuk memelihara lingkungan dan melestarikan Sumber Daya Alam (SDA).

“Salah satu lini usaha grup Astra adalah otomotif yang merupakan penyumbang emisi yang cukup besar di negeri kita. Sudah selayaknyalah Astra ikut terlibat secara langsung dalam upaya penanaman pohon untuk menurunkan angka GRK, sebagaimana diamanatkan Presiden bahwa Indonesia berkomitmen menurunkan GRK sebesar 26 persen di tahun 2020,” urai Menhut.

Program penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan Kementerian Kehutanan RI pada tahun 2010 telah berhasil menanam 1,39 miliar batang pohon di seluruh Indonesia. Kemudian pada tahun 2011, keberhasilannya meningkat dan berhasil menanam 1,7 miliar pohon.

Menurut Menhut, keberhasilan tersebut tercapai karena meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menanam dan arti sebuah pohon dalam kehidupan. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tersebut, Menhut berharap, upaya dalam menurunkan emisi 26 persen akan terwujud, sehingga lingkungan menjadi bersih dan semakin nyaman demi kehidupan anak cucu di masa yang akan datang.

Penanaman 550.000 pohon di Eco Edu Forest Babakan Madang, diawali oleh Zulkifli Hasan selaku Menteri Kehutanan RI yang mengangkat cangkul kemudian menanam pohon berjenis Pinus,  didampingi  oleh Bambang Sukmananto, Arief Istanto dan Widya Wiryawan. (Bagja S. Alam)

 

Tags: , ,