Sinergi PGN dengan BUMN Lain

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) bersinergi dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam penyaluran Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dengan total nilai Rp 173,1 miliar. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan PGN untuk memngkatkan ketahanan pangan nasional, memajukan sektor pendidikan serta meningkatkan kualitas sarana dan prasarana umum.

Dalam Program Kemitraan, PGN akan menyalurkan dana sebesar Rpl68 miliar melalui enam BUMN. Perinciannya, melalui PTPN X (Persero) sebesar Rp7S miliar, PTPN XI (Persero) sebesar Rp20 miliar, PT Sang Hyang Seri (Persero) Rp36 miliar, PT Pertani (Persero) Rp22 miliar, Perum Perhutani Rp10 miliar, dan PT Garam (Persero) Rp5 miliar. Sedangkan untuk Program Bina Lingkungan PGN melakukan kerjasama dengan dua BUMN yaitu PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dengan nilai Rp4,2 miliar dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sebesar Rp930 juta.

“Program sinergi ini merupakan kontribusi PGN dalam mendukung ketahanan pangan nasional melalui Gerakan Peningkatan Produktivitas Pangan berbasis Korporasi (GP3K). Selain itu, kerja sama ini juga dilakukan untuk memajukan sektor pendidikan dan sarana umum,” kata Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso di Jakarta, Selasa (167/7).

Program Kemitraan yang dikembangkan dengan PT Pertani, PT Sang Hyang Seri, dan Perum Perhutani berupa pinjaman bergulir kepada petani. Adapun untuk menjaga stabilitas harga garam dan gula dalam negeri, PGN juga bersinergi dengan PT Garam dan PTPN X dan XI dengan memberikan bantuan pinjaman lunak kepada para petani garam dan tebu.

Realisasi Program Bina Lingkungan kali ini, PGN mewujudkan dalam bentuk program bantuan pendidikan dan sektor sarana dan prasarana umum bekerjasama dengan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk yang akan melakukan renovasi dan pembangunan Sekolah dasar, jembatan gantung, jalan desa, balai warga di Sumatera Selatan. Kemudian dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk untuk program pembangunan sarana pendidikan PAUD, serta sarana umum irigasi dan jalan di Jawa Timur.

Sebagai upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat, PGN juga telah mempunyai beberapa kampung binaan di antaranya Kampung Binaan Pagardewa, Kampung Tenun Garut, Kampung Binaan Sriminosari, dan Kampung Ternak di berbagai wilayah.   Dion B Arinto

JURNAS :: 19 Juli 2012, Hal. 12