Lagi, Duta Rimba Memenangkan Gold Winner InMA 2013

Malam penganugerahan Inhouse Media Award (InMA) 2013 menetapkan Majalah Internal Perhutani DUTA RIMBA kembali meraih Gold Winner kategori BUMN/BUMD pada Jumat (8/2) di Manado, Sulawesi Utara. Desain sampul Duta Rimba edisi No. 41 bulan Januari – Februari 2012 mengusung tema Seragam Baru, Kultur Baru, Harapan Baru, dengan ilustrasi bawang bombay terkupas -menggambarkan tekad Perhutani untuk bertransformasi kearah yang lebih baik-  terbukti mampu memikat hati dewan juri.

Tidak mudah masuk menjadi nominator apalagi sebagai pemenang, karena Duta Rimba harus bersaing dengan 162 peserta lainnya untuk merebut perhatian dewan juri yang terdiri atas  Richie Wirjan (Chairman dan Presiden DM-Idholland), Oscar Motuloh (Kepala/ Kurator Galeri Foto Jurnalisme Antara), Ndang Sutisna (ECO – EURO RSCG Adwork), Prof. DR. Ibn Hamad (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia), dan  Dian Umar Anggarini (Konsultan Public Relation). Ada sejumlah aspek yang dinilai para juri. Beberapa di antaranya adalah keunikan dalam menyajikan berita serta keselarasannya dengan headline dan juga unsur-unsur desain grafis, komposisi warna, bentuk, dan tata letak pada halaman muka.

Ketua Umum Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Dahlan Iskan menjamin penjurian ajang Anugerah InMA 2013 bersih, tidak ada rekayasa dari pihak manapun dengan dewan juri yang reputasinya telah diakui secara nasional. Penghargaan diserahkan langsung Ketua Umum SPS Dahlan Iskan kepada Sekretaris Perusahaan dan Kepatuhan Hari Priyanto. Sebelum menyerahkan penghargaan, Dahlan Iskan menyampaikan rasa bangganya kepada Perhutani atas capaian prestasinya dalam ajang InMA 2013. Dalam kesempatan tersebut, Dahlan sekaligus menjelaskan sekilas mengenai Perhutani sebagai perusahaan kehutanan negara yang diberi tugas menyejahterakan masyarakat sekitar hutan dengan cara memanfaatkan tanah di sela-sela pohon hutan untuk ditanami porang (tumpangsari). ”Apa itu porang bisa dicari di internet, dan untuk apa, serta bagaimana peranannya di masa depan terutama bagi Perhutani.” imbuhnya.

Acara yang deselenggarakan SPS Pusat ini merupakan rangkaian kegiatan acara peringatan HPN (Hari Pers Nasional) 2013 dengan puncak acara pada hari Senin 11 Februari 2013  yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Kemenangan Duta Rimba selama 2 (dua) tahun berturut-turut ini menjadi motivasi bagi redaksi Duta Rimba untuk menyajikan materi yang lebih baik dan tentunya dengan tampilan sampul yang semakin menarik sehingga mampu meraih prestasi di kejuaraan-kejuaraan serupa di kemudian hari. Sampai berjumpa kembali pada ajang InMA 2014. (Humas Pht-Rud,Mar)

Artikel Terkait: