Menikmati Sejuknya Air Terjun Ngadiloyo

LAWU DS – WANA WISATA Air Terjun Ngadiloyo berada di Desa Ngancar Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Jawa Timur.  Terletak pada ketinggian 1.500 m dpl dengan topografi berbukit, destinasi ini berjarak sekitar 15 km dari kota Magetan dan 2,5 Km dari Telaga Sarangan ke arah barat daya. Gerbang masuk ke air terjun yang disebut juga Tirtosari tersebut berada di dekat replika pesawat terbang di kawasan Telaga Sarangan.

Dari pintu gerbang kita harus berjalan kaki menyusuri jalur treking atau bisa juga dengan menggunakan kendaraan melalui jalan beraspal. Setelah sampai di loket Lingkungan Ngluweng dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak berbatu dengan  kontur tanah mendaki dengan jarak tempuh sekitar ± 500 m. Apabila menggunakan jalur treking maka jarak yang ditempuh dari pintu gerbang ke lokasi air terjun ± 1.500 m.

Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi dengan pemandangan alam yang mempesona. Di kiri kanan hanya ada bukit tinggi nan terjal, dipadu dengan hijaunya kebun sayuran serta angin lembah yang bertiup.  Sungguh menyejukkan hati.

Air Terjun Ngadiloyo memiliki ketinggian terjun sekitar ±50 meter.  Airnya jatuh turun melalui celah yang diapit oleh batu-batu terjal. Pada lokasi air terjun sudah dibangun anak tangga dari beton sehingga mudah dilewati oleh para pengunjung.  Sekelilingnya adalah hutan campuran dengan dominasi tegakan Pinus.

Obyek wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani.  Beberapa fasilitas yang ada antara lain jalan, toilet, warung, mushola serta pintu air irigasi dan instalasinya.

Sumber: Discover Indonesia

Tags: