2013, Perhutani Targetkan Pendapatan Wisata Naik

Soreang – Perum Perhutani Unit III Jabar Banten menargetkan pendapatan dari sektor pariwisata senilai Rp30 miliar di tahun 2013. Sebelumnya, pendapatan Perum Perhutani unit III Jabar dari sektor pariwisata mencapai Rp25 miliar.

General Manager Kelompok Bisnis Mandiri (KBM) Jasa Lingkungan dan Produk Lainnya (JLPL) Perum Perhutani unit III Jabar-Banten, Slamet Winarto mengatakan, hingga pertengahan 2013, pihaknya telah mengantongi pendapatan 50 persen dari target yang telah ditetapkan.

“Kami yakin bisa memenuhi target tersebut. Kami terus menggenjot tingkat kunjungan, terutama ke Kawah Putih. Salah satu upaya kami yakni dengan terus memelihara jalan agar tetap bagus. Termasuk juga menjaga kebersihan fasilitas umum agar tetap bersih. Dengan demikian, pengunjung akan nyaman berkunjung ke Kawah Putih,” ujar Slamet, Selasa (9/7/2013).

Slamet menambahkan, total kunjungan wisatawan pada tahun lalu ke beberapa objek wisata Bandung Selatan mencapai 200.000 orang. Untuk kunjungan wisatawan pada semester pertama 2013, lanjutnya, justru mengelami penurunan sekitar 20 persen dari tahun lalu di semester yang sama. Saat musim libur tahun ini, kunjungan wisatawan dari 4.000 orang perhari turun menjadi 3.000 orang. Hal ini terjadi akibat perbaikan jalan yang ada di kawasan Kopo Sayati yang merupakan jalur utama menuju Ciwidey.

“Banyak pengunjung mengeluhkan kemacetan yang terjadi di kawasan tersebut (Kopo Sayati) yang saat ini sedang ada perbaikan jalan,” ujarnya.

Disisi lain, meski meningkatkan target pendapatan, namun pihaknya belum berencana menaikan atau melakukan penyesuaian harga tiket masuk terhadap beberapa objek wisata yang dikelolanya. Seperti Kawah Putih, pemandian air panas Cimanggu, Ciwalini, Kampung Cai Rancaupas dan Patuha Resort.

Slamet melanjutkan, alasannya, objek wisata alam tidak terpengaruh langsung dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Namun rencana penyesuaian harga tiket tetap akan dilakukan pada 2014 mendatang.

“Rencana kenaikan itu juga tidak ada kaitannya dengan kenaikan harga BBM. Tapi lebih upaya kami meningkatkan pendapatan,” tegasnya.[ang]

Sumber :  http://m.inilah.com/read/detail/2008408/2013-perhutani-targetkan-pendapatan-wisata-naik
Tanggal : 10 Juli 2013