Perhutani Jatim Boyong 16 Bibir Sumbing ke RS

SURABAYA (Surabaya Pagi) – 16 penderita sumbing bibir dan langit-langit serta katarak dari berbagai wilayah di Jawa Timur mendapatkan operasi gratis di RS Bhayangkara, Sabtu (29/06/2013). Bhakti Sosial dengan tema “Sabtu Sayang” tersebut merupakan hasil kerja bareng antara Perhutani Jatim dan Polda Jatim. 16 pasien ini berasal dari Tuban, Mojokerto, Jombang, Bojonegoro, Banyuwangi dan Kota – Kota lain yang masuk dalam wilayah Perhutani Jatim.

“Ini hanya berlaku oprasi ringan saja. Tetapi kalau ada agenda yang sama, yang bersangkutan akan kita panggil lagi.” Ujar Kasi Humas Perhutani, Avid Rollick Septiana disela – sela operasi, Sabtu (29/06/2013). Avid juga menambahkan, Acara Bakti Sosial bertema “Operasi Gratis Sumbing Bibir dan Langit-langit”. Gelaran sosial ini sudah yang ke 5 dalam tahun 2013.Selain bekerjasama dengan RS Bhayangkara, Perum Perhutani Jatim juga menggandeng Yayasan Permatasari.

Di waktu terpisah, Sekretaris Unit Perhutani Jatim, Yahya Amin memaparkan, para pasien yang sudah diboyong ke RS Bhayangkara ini diambil dari data Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Berbekal data tersebut, pihaknya langsung croscek secara langsung. Sehingga terhindar dari kesalahan sasaran.”Jadi, yang kami bawa kesini adalah benar – benar orang yang tidak mampu. Mereka kita fasilitasi dengan menjemput dan mengantar kembali ke rumah.Selain itu mereka juga akan mendapat perawatan pasca operasi. Setiap peserta akan dapat rujukan ke puskesmas setempat dan mendapat obat-obatan penyembuhan pasca operasi,” Imbuh Yahya seusai meninjau jalannya Operasi.

Sementara itu, ibunda pasien terkecil dari Mojokerto, Salsabila Nuraini yang masih berusia 4 bulan, mengaku senang bisa mendapatkan operasi bibir sumbing. “Dulu saya juga penerima bantuan operasi bibir sumbing. Jadi saya mengucap banyak terima kasih atas bantuannya,” tutur Susi. Senada dengan Susi. Supriadi (56) warga Benowo Surabaya yang juga mendapat operasi katarak gratis pada mata kiri nya juga mengaku senang.”Alhamdulillah, mas. Dapat operasi gratis,” ucapnya.

Bhakti sosial ini dilaksanakan oleh Para dokter ahli yang ada di RS Bhayangkara Surabaya. Setelah setengah pelaksanaan dari jumlah total pasien yang dioperasi. Para petinggi Perhutani Jatim, Polda Jatim serta Yayasan Permatasari mengunjungi para pasien serta meninjau berjalannya operasi tersebut. Dari Pihak Perhutani sendiri secara langsung diwakili oleh Wakil Kepala Perhutani Jatim, Lukman Imam Syafi’i. Sedangkan dari pihak Polda Jatim diwakili oleh Ibu Kapolda. – bkr

Sumber : surabayapagi.com
Tanggal : 1 Juli 2013

Tags: