Dahlan Minta Perhutani Bangun Pabrik Tepung Sagu Pertama di Papua

Liputan6.com, Saat ini Papua menjadi salah satu wilayah Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya. Salah satu hasil produksi yang paling terkenal di Papua adalah sagu.

Meski di Papua, terdapat banyak kebun sagu, namun nyatanya hingga kini belum ada pabrik sagu yang berdiri di sana. Untuk itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku berencana akan membangun pabrik sagu di Papua.

“Saya meminta Perum Perhutani bikin pabrik tepung sagu pertama di Papua. Sekarang ini di Papua sagunya dari Jawa,” kata Dahlan, Sabtu (25/8/2013)

Sebetulnya, Dahlan mempunyai gagasan ini sejak beberapa waktu lalu. Mengingat pada saat itu di Papua masih terkendala dengan pasokan listrik untuk menggerakan mesin pengolah sagu, hal itu belum mampu direalisasikan secepatnya.

Kini, orang nomor wahid di Kementerian BUMN itu sudah memiliki solusi untuk mengatasi hal itu. Rencananya, dia juga akan membangun pembangkit listrik yang dihasilkan dari pembakaran kayu.

“Kita sudah memutuskan listriknya akan berupa biomassa dari kayu bakar yang menghasilkan uap yang akan menggerakkan turbin,” ujar dia.

Dia mengatakan, kayu bakar yang akan digunakan diperoleh dari kulit batang sagu. Sehingga dari satu tanaman sagu dapat dimanfaatkan untuk bermacam keperluan.

“Bagian tengahnya bisa di makan, kulit batangnya dijadikan kayu bakar dan tanaman sagu itu unik, ketika dipotong akan tumbuh lagi dengan banyak, tanpa perlu ditanam kembali,” pungkasnya. (Yas/Ndw)

Jurnalis : Ilyas Istianur P
Liputan6.com | 24 Agustus 2013 | 13:02