Perhutani Parengan Tidak Alergi Dengan Jurnalis

DSC_0071

Administratur Perhutani Parengan paparan di depan para jurnalis. (Doc. Humas Parengan @2013)

KPH Parengan (2/8) — Perhutani Parengan menyelenggarakan acara yang bertajuk Media Gathering di aula kantor. Acara yang dikemas secara informal ini dihadiri oleh 30 insan pers dari wilayah Kabupaten Tuban dan Bojonegoro, dari media cetak, elektronik, maupun media online.

Administratur Perhutani Parengan, Daniel B Cahyono,yang menjadi pembicara dalam perhelatan ini menyatakan bahwa bagi Perhutani Parengan, dunia pers memiliki peran besar dalam membantu kinerja. Pers dapat membantu mengartikulasikan gagasan maupun pencapaian-pencapain Perhutani kepada masyarakat. Pada sisi lain pers juga bisa membantu untuk menyerap fakta maupun informasi dari lapangan melalui perspektif yang berbeda sehingga manajemen dapat memperoleh gambaran yang relatif lengkap tentang kondisi yang dihadapainya. Karena peran yang sedemikian penting itulah Perhutani Parengan berusaha agar hubungan dengan para jurnalis, garda terdepan dunia pers, dapat berjalan dengan harmonis.
Beberapa waktu lalu Dalam paparannya, Daniel mengawali dengan menjelaskan beberapa hal pokok tentang tugas dan organisasi Perhutani khususnya pada level KPH. Hal ini dirasa perlu mengingat acap dijumpai tulisan para jurnalis yang mengandung kesalahan terminologi akibat dari pemahaman mereka tentang Perhutani dan tugas-tugasnya tidak cukup lengkap. Kesalahan semacam itu meski tidak fatal seringkali mengganggu pemahaman. Selanjutnya dipaparkan pula tentang pencapaian kinerja Perhutani Parengan dan penjelasan tentang sistem PHBM yang telah menjadi ikon Perhutani namun masih juga kurang dipahami oleh para pihak. Penjelasan diberikan dengan bahasa yang jauh dari kesan teknis sehingga mudah dipahami.
Tak hanya mendengarkan paparan, para insan pers peserta gathering juga memperoleh kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan opininya. Acara pun menjadi sangat menarik karena dialog yang terbangun sangat dinamis. Para jurnalis menyampaikan pertanyaan dan bahkan masukan kritis yang kesemuanya dijawab dengan lugas namun simpatik, baik oleh Administratur maupun jajaran manajemen Perhutani Parengan yang lain.
Menurut Daniel, tidak selayaknya pejabat Perhutani alergi apalagi takut menjalin komunikasi dengan jurnalis. “Saya sangat berharap teman-teman pers aktif menjalin komunikasi dengan Perhutani Parengan, dan karena itu saya siap selama 24 jam untuk dihubungi atau dikonfirmasi,” demikian tandas Daniel sambil membagikan nomor ponsel dan e-mail kepada para peserta. Pada kesempatan itu pula Admnistratur Perhutani Parengan menjanjikan untuk menyelenggarakan acara serupa secara periodik. @Humas Parengan)

Tags: ,