Perhutani cetak ahli bisnis kehutanan

Jakarta (ANTARA News) – Perum Perhutani bekerja sama dengan Prasetiya Mulya Executive Learning Institute mencetak ahli-ahli bisnis baru bidang kehutanan dengan memberikan pelatihan kepada 75 orang karyawan Perhutani.

Program pelatihan ini ditujukan untuk karyawan tingkat Manajer sampai Kepala Biro. Mereka mendapat pelatihan tentang “Bussines Management Development Program” selama sembilan hari di kelas dan empat bulan lapangan.

Menurut siaran pers Perum Perhutani di Jakarta, Selasa, Direktur Utama Perum Perhutani Bambang Sukmananto yang membuka pelatihan tersebut mengungkapkan masalah utama percepatan transformasi bisnis Perhutani adalah peningkatan pengetahuan dan ketrampilan sumber daya manusianya (SDM).

Apalagi menghadapi era hilirisasi saat ini, SDM Perhutani harus diberikan wawasan atau kiat-kiat bisnis menuju perusahaan yang berkinerja memuaskan, sehingga mampu bersaing secara nasional dan internasional.

Pada tahap terakhir pelatihan, peserta diminta membuat “Business Improvement Project” sebagai suatu proposal bisnis yang konkret dan menghasilkan profit bagi perusahaan. Proyek tersebut akan dipresentasikan dan peserta akan berinteraksi secara intens dengan manajemen Perhutani dan Prasetiya Mulya.

“Selama ini Perhutani banyak melaksanakan pendidikan bidang teknik pengelolaan hutan sedangkan pelatihan bisnis masih kurang,” kata Bambang.

Ia menambahkan Perhutani memerlukan tempat pendidikan yang menantang, agar karyawan segera mengembangkan wawasan bisnisnya melalui praktek langsung dan tidak hanya mengandalkan teori.

Editor: Unggul Tri Ratomo | Jurnalis : Desy Saputra
Antaranews.com | 04 September 2013 | 05:25 WIB