Perhutani ajak remaja cinta lingkungan lewat cerpen

ANTARA News, Jakarta – Perum Perhutani punya cara unik mengajak remaja Indonesia mencintai lingkungan, mencintai hutan dan sekaligus mengasah kemampuan menulis.

Melalui program CSR (Corporate Social Responsibility), Perhutani mengajak pelajar SMP, SMA, dan Saka Wana Bakti (Pramuka Kehutanan) untuk berpartisipasi dalam lomba menulis cerpen hutan lingkungan.

“Tujuannya untuk membumikan rasa cinta lingkungan dan hutan melalui tulisan. Ini kaitannya untuk menciptakan karakter generasi muda,” kata Sekretaris Perusahaan dan Kepatuhan Perum Perhutani, Hari Priyanto, di sela-sela acara Perhutani Green Pen Award, Jakarta, Kamis.

Melalui kegiatan ini, lanjut Hari, upaya untuk mengajak generasi muda mencintai hutan dan lingkungan bisa diperluas. Jadi tak hanya sekedar seremonial penanaman pohon saja.

Dia menambahkan, dalam lomba yang baru pertama kali diadakan oleh Perhutani tersebut, pihaknya tidak menduga tingginya animo peserta yang mendaftar.

“Sampai kemarin sudah 400 peserta yang mendaftar. Tidak hanya dari sekolah-sekolah di Jakarta, tapi juga ada yang dari Cirebon, Cianjur, Sukabumi, Bandung dan Bogor,” katanya.

Ia berharap kegiatan ini bisa bermanfaat untuk mengasah kreatifitas dan menumbuhkan kesadaran lebih awal akan pentingnya hutan dan lingkungan sekaligus membangun karakter anak di era digital saat ini.

Selain lomba menulis cerpen, dalam acara tersebut juga diluncurkan buku Seni Menulis Sastra Hijau Bersama Perhutani dan Fun Writing for Kids.

Jurnalis : Anita Dewi
Antara News | 22 Nopember 2013 | 05. 29 WIB