Perhutani kembangkan Biomas Gliricidia bersama Korea

kgpa-wayang

Doc Humas Kanpus @2013

Jakarta, Selasa 17 Desember 2013 | Direktur Utama Perum Perhutani, Bambang Sukmananto menerima kunjungan President Director Korean Green Promotion Agency (KGPA), Mr. Hur Gyong Tae beserta delegasi Korea di Kantor Pusat Perhutani (17/12).
Kunjungan tersebut membahas kemajuan pekerjaan kerjasama pilot project uji coba penanaman tanaman biomassa di Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Semarang Unit I Jawa Tengah, rencana keberlanjutan kerjasama untuk luas kawasan 500 ha dan rencana pembangunan persemaian di KPH Semarang.

Bambang Sukmananto dalam sambutannya menyampaikan bahwa proyek ujicoba ini akan terus dievaluasi untuk mendapatkan produktivitas tanaman yang optimal. Ujicoba penanaman seluas 500 Ha di Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Semarang tersebut produktivitasnya 50m3/ha dalam rotasi dua tahun. Apabila hasil evaluasi bisnis bagus maka proyek ini bisa dikembangkan dari keluasan. Tentu saja keterlibatan masyarakat sangat diperlukan untuk ini.

Sementara itu Presiden Direktur KGPA, Mr Hur Gyong Tae berharap pertemuan tahunan akan dilakukan rutin oleh kedua pihak, berbagi wawasan dan membangun persahabatan lebih dekat dan membawa hasil nyata. Ujicoba diharapkan menghasilkan sebuah sistem terintegrasi mulai pembibitan, penanaman sampai memproduksi kayu pelet. KGPA berkomitmen memberikan program beasiswa kepada staf-staf Perhutani belajar tentang industri wood pellet ini, demikian Hur mengakiri .

Wood pellet adalah energi biomas yang dihasilkan dari tanaman atau limbah tanaman, sangat banyak dibutuhkan negara-negara di dunia sebagai sumber energi ramah lingkungan. Proyek biomas Perhutani-KGPA ini merupakan sangat penting untuk pembangunan sekaligus komitmen global penurunan emisi. @Hms Pusat