Rp3 Miliar untuk Porda XII

Radar Cirebon, INDRAMAYU – Pemerintah Kabupaten Indramayu memberikan dukungan dana dari APBD sebesar Rp3 miliar, untuk persiapan para atlet yang akan berlaga di Porda XII/2014 Jabar di Kabupaten Bekasi. Anggaran tersebut dinilai masih minim, jika dibandingkan dengan kebutuhan para atlet di lapangan.

Untuk mengatasi kekurangan, pihak lain dalam hal ini bapak angkat cabang olahraga (cabor) diharapkan bisa mendukung pendanaan guna meraih prestasi yang cukup membanggakan bagi daerah. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Indramayu, Drs H Supendi MSi di Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu pada acara penyerahaan SK Bupati Indramayu tentang penunjukan pengurus dan bapak angkat cabor KONI Indramayu.

“Kami meminta kepada bapak angkat cabor untuk memberikan dukungan baik moril maupun materil. Dukungan dari pihak lain itu sebagai upaya membantu peningkatan prestasi di kalangan atlet,” ujar Supendi di hadapan pengurus dan puluhan bapak angkat cabang olahraga KONI Kabupaten Indramayu, Rabu (4/12). Supendi menjelaskan, Indramayu pernah mengalami prestasi yang sangat luar biasa pada saat menjadi tuan rumah Porda tahun 2003, yaitu meraih posisi 3 besar.

Prestasi gemilang yang pernah diraih semasa kepemimpinan bupati Dr H Irianto MS Syafiuddin itu, harus kembali diraih pada Porda XII. Pengurus KONI, lanjut Supendi, harus benar-benar melakukan pembinaan kepada para atlet di setiap cabang olahraga yang akan berlaga di Porda XII. “Berikan motivasi kepada para atlet agar mereka semangat dalam bertanding. Selain itu berikan hadiah bagi atlet yang meraih mendali emas,” terang Supendi, seraya menegaskan tidak sedikit para atlet yang berprestasi lari ke kabupaten lain karena tidak mendapat perhatian. Dalam kesemeptan itu, Supendi secara simbolis memberikan surat keputusan (SK) Bupati Indramayu tentang penunjukan pengurus dan bapak angkat cabor kepada tiga perwakilan perusahaan yang berada di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Mereka adalah PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan, PT Pertamina UPMS Balongan, dan Perum Perhutani. Melalui SK Bupati Indramayu, Supendi berharap mereka bisa membantu semua kebutuhan atlet yang akan berlaga di Porda mendatang. Pihaknya juga memberikan kebebasan kepada seluruh bapak angkat di setiap cabor, untuk memasang logo perusahaan di pakaian atlet atau di tempat lainnya.

Ketua KONI Indramayu H Safrudin BA menuturkan, di Porda XII Bekasi pihaknyanya telah mencanangkan Tri Sukses. Yaitu sukses prestise, prestasi, dan manajemen. Sejumlah terobosan telah dilakukan untuk meraih tiga sukses tersebut, melalui pembinaan kontinyu kepada para pengurus cabang olahraga dan latihan yang terjadwal.

KONI menargetkan pada Porda XII di Kabupaten Bekasi, Kabupaten Indramayu akan meraih posisi 5 besar untuk mengembalikan masa kejayaan Porda tahun 2003 dimana Indramayu meraih 3 besar. “Mudah-mudahan apa yang kita inginkan bisa terwujud,” ungkap mantan Asda Kabupaten Indramayu itu.

Radar Cirebon | 05 Desember 2013 | Hal. 11