Saka Wanabakti Gelar Promosi di Raimuna IX Kwarcab Bojonegoro

Raimuna IX Kwarcab Bojonegoro

Pinsaka Wanabakti KPH Bojonegoro, Kak Anggar saat mengikuti seremonial Raimuna IX Kwarcab Bojonegoro di bumi perkemahan BKPH Pradok & BKPH Bubulan. (DOC) Humas Bojonegoro @2013.

BOJONEGORO, PERHUTANI (16/10) – Saka Wanabakti Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH)  Bojonegoro gelar promosi di raimuna IX kwarcab Bojonegoro Rabu, bertempat di bumi perkemahan Bubulan Bojonegoro.

Kegiatan yang digelar rutin Saka Wanabakti Perhutani Bojonegoro guna memperingati hari ulang tahun (HUT) pramuka ke-52 gerakan pramuka Kwarcab Bojonegoro, diikuti 1.600 peserta terdiri dari Saka Bhayangkara, Saka Wirakartika, Saka Bhakti Husada dengan mendirikan anjungan. 

Pimpinan Saka Wanabakti Perhutani Bojonegoro sekaligus Administratur, Anggar Widiyatmoko, menjelaskan bahwa organisasi pramuka mencerminkan suatu hal yang positif , membentuk karakter dan jiwa seseorang menjadi lebih disiplin, mandiri, dewasa, edukatif, produktif, kreatif, inovatif, petualang serta berbudaya.

Pada anjungan Saka Wanabakti tampak produk kreativitas anggota saka, seperti souvenir dari limbah kayu jati dan kerajinan tas. Pengunjung yang datang tertarik mencoba alat peraga potret udara, GPS, kompas, hagameter yang dipandu langsung Kepala Satuan Perencanaan Hutan Bojonegoro, Gunardi didampingi Yaksim dan Kusbiran.

Bupati Bojonegoro, Suyoto sebagai Pembina upacara mengatakan, Singapura membangun karakter yang bagus melalui militer. Sedangkan untuk membangun karakter masyarakat Bojonegoro kita harus melalui pramuka. Oleh sebab itu pramuka harus menjadi ekstrakulikuler wajib disekolah yang ada di Bojonegoro.

Semua lembaga pendidikan wajib melaksanakan ekstra pramuka, mulai dari SD, SMP, hingga SMA/SMK, lanjut Suyoto. Ketua kwartir cabang gerakan pramuka Bojonegoro, Hanafi menambahkan bahwa tidak hanya lembaga di bawah dinas pendidikan, akan tetapi lembaga pendidikan dibawah Kementerian Agama, MI, MTs, dan MA juga diwajibkan pramuka.

Kegiatan raimuna adalah pertemuan pramuka penegak dan pramuka pandega dalam bentuk perkemahan besar. Kegiatan pramuka banyak memberikan pengaruh positif pada peserta didik di jenjangnya masing-masing. Bahkan, untuk menuju pembetukan karakter yang bagus , satu-satunya kegiatan adalah melalui pramuka.

 @Humas Perhutani Bojonegoro/Raf/Mar