Siswono: Masyarakat Sambut Baik Program Pengelolaan Hutan

Suara Merdeka Online, Jakarta – Anggota Komisi IV DPR Siswono Yudohusodo menuturkan, jika ada sambutan baik dari masyarakat terhadap program Kementerian Kehutanan (Kemenhut) yang memberi pengelolaan hutan. Saat ini, Kemenhut sudah mengeluarkan 4 ribuan izin, pengelolaan hutan yang berbasis masyarakat.

Siswono pun mengapresiasi langkah introspeksi Kemenhut itu. Sebelumnya, pengelolaan hutan diberikan kepada perusahaan-perusahan besar yang justru meningkatkan angka deforestasi di Tanah Air. “Saya menghargai introspeksi dari Kemenhut di bawah pimpinan Zulkifli Hasan,” ujar Siswono, belum lama ini.

Politisi Partai Golkar ini menilai jika sudah sangat lama deforestasi yang terjadi di Indonesia, dan bagian terbesar dari deforestasi itu dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang mengelola hutan di masa lalu. “Deforestasi terjadi karena eksploitasi hutan yang over exploited oleh perusahaan-perusahaan besar dalam waktu yang cukup lama,” tandasnya.

Bila kini, masyarakat diajak kembali mengelola hutan, itu langkah yang baik. Di Jawa sebetulnya sudah dirintis kerja sama Kemenhut-masyarakat dalam mengelola hutan oleh Perhutani dalam program PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat). Dan kini hutan-hutan di luar Jawa juga harus banyak melibatkan masyarakat untuk dikelola dan dilestarikan.

Pada bagian lain, Siswono menjelaskan, ledakan jumlah penduduk dan perluasan kota juga berakibat pada deforestasi. Kelemahan yang terjadi selama ini justru ada pada pengawasan Kemenhut, sehingga harus dicermati betul.

Jurnalis : Andika Primasiwi
Suara Merdeka Online | 09 Desember 2013 | 09.26 WIB

Tags: