Hatta Rajasa Hadiri Jambore LMDH di Tulungagung

kediri 2 menteri_Antara Jatim, Tulungagung – Menteri Koordinator Perekonomian dan Perindustrian (Menko Ekuin) RI, Hatta Rajasa bersama Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan secara khusus menghadiri acara Jambore Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) 2014 yang digelar di Waduk Wonorejo, Tulungagung, Senin.

Acara yang diikuti ratusan pengurus dan masyarakat desa hutan se-Eks-Karesidenan Kediri, khususnya Tulungagung, Trenggalek dan Blitar itu juga dihadiri jajaran dirjen kementrian di bawah Kemenko Ekuin serta Kehutanan.

Hatta Rajasa dan Zulkifli tiba di Wonorejo Resort sekitar pukul 08.00 WIB dengan menggunakan helikopter dan sempat memberikan sambutan serta komitmen dukungan pemerintah dalam program pemberdayaan masyarakat desa hutan, sebelum kemudian melanjutkan kegiatan di Kediri, Malang, serta Surabaya.

“Ada instrumen ekonomi berkelanjutan. Tetapi perlu diingat, harus berkeadilan. Kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait soal permodalan bagi LMDH terutama lewat koperasi” kata Hatta Rajasa diakhir acara.

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat desa hutan merupakan salah satu elemen kunci dalam upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia. Sebab, lanjut dia, sentra kemiskinan banyak terkonentrasi di wilayah-wilayah pinggiran hutan, pesisir, serta buruh perkotaan.

“LMDH menjadi kekuatan ekonomi masyarakat. Untuk itu, perlu inovasi dan dukungan dari pemerintah,” imbuhnya.

Senada dengan Hatta, Menteri Kehutanan dalam sambutannya menegaskan bahwa kementrian yang dipimpinnya bersinergi Kementrian Perdagangan dan Koperasi tahun ini akan segera meluncurkan program bantuan lunak bagi kelompok-kelompok LMDH di seluruh Indonesia.

Program pinjaman lunak tersebut juga akan diimbangi dengan pelatihan dan pembinaan secara intensif guna meningkatkan kekuatan ekonomi kerakyatan di kawasan masyarakat desa hutan.

“Intinya perbaikan dan pengembangan program LMDH akan terus dilanjutkan karena sejauh ini sinergi pengelolaan hutan bersama masyartakat (PHBM) sudah berjalan baik. Pola PHBM memberi dampak positif terhadap pelestarian hutan maupun penguatan ekonomi kerakyatan kita,” ujarnya.

Selain acara jambore LMDH, juga digelar seminar dengan tema menuju kemandirian LMDH. “Agenda itu bertujuan untuk menambah pengetahuan para peserta sekaligus media silaturahmi anggota LMDH,” kata Ketua Panitia Jambore LMDH 2014, Eko Sujarwo.

Jambore LMDH se-Eks Karesidenan Kediri juga dihadiri Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Gatot Soebektiono, Kepala Perum Perhutani unit II Bambang Budiarto, Kelompok Pemangku Hutan Kediri, Bupati Tulungagung Syahri Mulyo dan Bupati Trenggalek Mulyadi WR

Jurnalis : Destyan
Antara Jatim | 21 Jan 2014 | 09.57 WIB

Tags: ,