Hutan untuk Kesejahteraan

Indopos, Tulungagung – Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan kembali mengajak masyarakat memanfaatkan dan menjaga hutan secara lestari. Pasalnya, hutan merupakan salah satu sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup di muka bumi. Sumber daya hutan berperan penting sebagai penyangga kehidupan sekaligus menyediakan barang dan jasa lingkungan yang bennanfaat bagi kehidupan manusia.

“Keberadaan hutan yang balk sangat menunjang kesejahteraan masyarakat,” ujar Menhut di depan sekitar 700 peserta Jambore Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) se-Karesidenan Kediri di Waduk Wonorejo, Tulungagung, Jawa Timur, Senin (20/1). Turut hadir dalam acara tersebut yakni, Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Zulkiflimenambahkanonerupakansebuah kewajiban dari pemerintah untuk dapat menjagakondisi hutan dari kerusakan, serta tetap dapat menyejahterpkan rakyatnya. Perum Perhutani inemiliki sebuah program yang sangat balk yaim, Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM)

“Program ini terjadi kolaborasi yang bersinergi antara PerumPerhutani dart masyarakat desa hutan atau para pihak yang berkepentingan dalam upaya mencapai keberianjutan fungsi dan manfaat sumber daya hutan yang optimal dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang hersifat fleksibel, partisipatif, dan akomodatif.

Selanjutnya LMDH diharapkan dapat meningkatkan kapasitas diri dengan memperkuat Jiwa wirausaha baik secara kelembagaan maupun personal,” ujarnya. (lwn)

Jurnalis : LUM
Indopos | 21 Januari 2014 | Hal. 4

Tags: ,