FIFGROUP Hijaukan Sentul

Indopos, Bogor – DALAM rangka menyambut Ulang Tahun FIFGROUP ke 25 tahun, anak perusahaan Astra itu menggelar kegiatan CSR berupa penanaman pohon di kawasan hutan Eco Edu Forest Tourism di Hambalang, Sentul, Bogor, kemarin (20/2). Acara penanaman pohon itu dipimpin langsung CEO FIFGROUP Suhartono bersama sejumlah Direktur yang tergabung dalam FIFGROUP.

Selain melakukan tanam pohon, FIFGROUP juga membutuhkan bantuan peduli pendidikan kepada Madrasah Raudhatul Jannah yang berada di sekitar lokasi tanam pohon.

Bantuan yang diberikan berupa peralatan sekolah dan uang tunai senilai Rp 15 juta “Selain menjalankan bisnis pembiayaan sepeda motor Honda dan elektronik serta perabot rumah tangga melalui brand kami masing-masing, yaitu FIFASTRA dan SPEKTRA, tentu saja kami juga ingin berkomitmen untuk selalu memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan bangsa menuju Better Life, Better Future melalui berbagai macam tanggung jawab social perusahaan Corporate Social Responsibility (CSR). Hal ini selaras dengan semangat Catur Dharma Astra di mana kami ingin menjadi aset yang bermanfaat bagi bangsa,” kata Suhartono.

Sebanyak 2500 pohon yang ditanam tersebut di antaranya berjenis Puspa, Rasamala, Pinus, dan Kaya. Selain Suhartono yang ikut dalam cara tersebut adalah Pongki Pamungkas, Chief of Corporate Communication, and Environment & Social Responsibility, PT Astra International Tbk.

Lalu Sutjahja Nugroho, Direktur Human Capital & GS FIFGROUP, Djap Tet Fa, Direktur Marketing FIFGROUP, Yulian Warman, Head of Public Relation Division PT Astra International Tbk, Dadang Hendaris, Kepala Divre Jabar dan Banten, Direktur Eco Edu Forest Sentul, Komarudin, Manager SEETF, Karyawan, konsumen FIFGROUP dan masyarakat sekitar.

Suhartono menyatakan, sejatinya kegiatan tanam pohon itu rutin dilakukan perusahaannya.” Jumlah pohon sebanyak 2500 kami selaraskan dengan usia FIFGROUP yang pada Mei mendatang memasuki usia ke-25 tahun.

Sejak tahun 2007 hingga saat ini kami telah menanam pohon lebih dari 50.000 pohon yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” kata pria anal Semarang itu.

“Kami terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia. Harapan kami melalui program sosial ini dapat memberikan manfaat yang berarti bagi lingkungan dan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Sutjahja Nugraha mengatakan, kegiatan CSR yang dilakukan FIFGROUP tidak hanya sebatas pada kegiatan lingkungan.

Pria yang akrab disapa Nunu itu mengatakan, ada empat pilar yang menjadi focus FIFGROUP di bidang CSR. Pendidikan, di antaranya memberikan pengetahuan tambahan bagi guru-guru yang tersebar di Indonesia.

Termasuk di antaranya memberikan beasiswa. “Lalu di bidang pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan, kami tidak pernah memberikan ikan.

Tapi kami lebih suka memberikan bantuan berupa kail,” kata Nunu mengumpamakan. Konkritnya adalah Program Income Generating Activity (IGA) seperti bantuan dana bergulir kepada kelompok petani brokoli di Bandung, pengembangan usaha jamu tradisional di Tangerang , bantuan perlengkapan dan dana bergulir untuk snack kacang di Makassar.

Di bidang kesehatan, FIFGROUP memberikan bantuan layanan kesehatan dan operasi gratis di berbagai kota, khitanan massal, bantuan kepedulian untuk Posyandu, bantuan mobil kesehatan, bantuan pembangunan polildinik di rumah sehat dan sebagainya.

“Di bidang lingkungan, sudah banyak hal yang sudah kami lakukan. Termasuk di antaranya adalah penanaman pohon ini,” tambah Nunu. Khusus untuk musibah letusan Gunung Sinabung Gunung Kelud, danbencana lainnya seperti banjir Jakarta, dan Manado, Nunu menegaskan bahwa perusahaannya juga memiliki komitmen untuk membantu para korban.

“Bentuk bantuannya, selain dari perusahaan, kami para karyawan FIFGROUP juga bahu membahu mengumpulkan sedikit apa yang kita miliki.

Bantuan yang kami berikan tentu saja barang-barang yang sangat dibutuhkan masyarakat sekitar yang menjadikorban bencana kata Nunu. (wsa)

Sumber  : Indopos, Hal. 14
Tanggal  : 21 Pebrruari 2014