Accor Indonesia Tanam Hampir 7500 Pohon

Operator hotel terkemuka, Accor Indonesia, merayakan tahun kedua PLANET 21, program sosial kemasyarakatan berkesinambungan dari Group Accor, dengan melakukan penanaman hampir 7.500 pohon di seluruh Indonesia. Kegiatan penanaman yang serentak dilakukan oleh para karyawan hotel-hotel Accor ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap salah satu inisiatif utama PLANET 21 yaitu Plant of the Planet (tanaman untuk bumi kita), proyek penghijauan berkesinambungan dimana Accor telah berhasil menanam lebih dari 3 juta pohon di seluruh dunia sejak 2009.

Dengan PLANET 21, Accor telah berkomitmen untuk melaksanakan 21 inisiatif. Masing-masing inisiatif tersebut memiliki target untuk dicapai tahun 2015 dan dikelompokkan ke dalam tujuh pilar program: Kesehatan, Alam, Karbon, Inovasi, Lokal, Pendidikan karyawan dan Dialog dengan masyarakat.

Salah satu komitmen tersebut terwujud dalam program Plant for the Planet, yaitu program mengumpulkan dana penghematan biaya mencuci handuk dari hotel-hotel Accor di seluruh dunia untuk membiayai berbagai proyek penghijauan. Hotel-hotel Accor di seluruh Indonesia telah berpartisipasi dalam program ini dengan cara menghimbau para tamu agar bila tidak berkeberatan, tidak terlalu sering mengganti handuk selama menginap. Formula yang diterapkan adalah “menghemat biaya cuci 5 handuk = komitmen menanam 1 pohon.” Dana penghematan biaya cuci yang terkumpul kemudian disalurkan ke berbagai program penghijauan, dimana hingga saat ini lebih dari 3 juta pohon telah ditanam di seluruh dunia.

Gerard Guillouet, Chief Operation Officer, Accor Malaysia, Indonesia and Singapore, mengatakan, “Indonesia adalah salah satu pelopor program Plant for the Planet yang terwujud melalui kerja sama Accor dengan Perhutani (Perusahaan Hutan Negara Indonesia) berkenaan dengan Program Pengelolaan Hutan yang telah dimulai sejak tahun 2007 sampai sekarang. Lewat program ini Accor berhasil menghijaukan kembali lahan seluas lebih dari 78 hektar di Gelandang, Jawa Tengah, dengan menanam lebih dari 100,000 pohon.”

Setiap tahun, seluruh hotel-hotel Accor yang telah beroperasi di Indonesia merayakan PLANET 21 Day – pada tanggal 21 April. Perayaan yang telah dimulai sejak tahun 2012 tersebut telah berhasil menanam 20.000 pohon di seluruh Indonesia (10.000 pohon ditanam pada peresmian program pada tahun 2012; 3.000 pohon ditanam pada perayaan pertama; dan 7.500 pohon ditanam pada perayaan tahun ini.)

PLANET 21 Day memberi kesempatan kepada para karyawan Accor di seluruh dunia untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan komitmen-komitmen PLANET 21 di kawasan mereka masing-masing. Ratusan karyawan Accor yang berasal dari Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bandung hari ini berkumpul di ECOPARK Cibinong untuk menanam lebih dari 200 pohon, diantaranya pohon Meranti, Pouteria dan Buah Menteng, di kawasan penghijauan tersebut.

Tahun ini, karyawan hotel kembali mendapat dukungan dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) untuk melakukan aktivitas penanaman pohon. Selain menanam pohon bersama-sama, para karyawan juga memperoleh informasi terbaru tentang pentingnya menjaga lingkungan dari para pakar lingkungan LIPI. () hay/E-6

Sumber  :  Koran Jakarta, Hal. 16
Tanggal  :  25 April 2014