Apresiasi Kepada Pemenang Perhutani Green Pen Award 2014

2014-3-29-LMCHL

Dok. PR /Kanpus@2014

JAKARTA, PERHUTANI (1/4) | Direktur Utama Perum Perhutani, BAMBANG SUKMANANTO memberikan apresiasi kepada para pemenang Lomba Menulis Cerpen Hutan dan Lingkungan Perhutani Green Pen Award 2014 disela-sela acara puncak peringatan hari jadPerhutani ke 53 Sabtu (29/3) di Jakarta yang mengusung tema “Jujur dan Peduli Menuju Perhutani Ekselen”. 

Panitia Perhutani Green Pen Award 2014 menerima naskah sebanyak 2.000 judul, berasal dari peserta Kategori A, B. dan C. Mereka berasal dari mulai Aceh hingga Papua, juga dikirimkan dari warga Negara Indonesia di Malaysia, Hong Kong dan Taiwan. Banyaknya animo untuk ikutserta Perhutani Green Pen Award 2014 yang pertama kali diselenggarakan Perum Perhutani, menunjukkan bahwa menulis tentang hutan dan lingkungan mulai banyak diminati. Hal ini sangat positif sebagai bagian dari wujud gerakan moral, intelektual dan budaya untuk melestarikan eksistensi bumi kita melalui Sastra Hijau.

Direktur Utama Perum Perhutani Bambang Sukmananto dalam sambutannya menyatakan bahwa Perhutani Green Pen Award ini akan diadakan setiap tahun sebagai bentuk dukungan perusahaan mencari bibit-bibit muda penulis Indonesia, sekaligus melatih kepekaan dalam upaya pelestarian sumberdaya hutan dan lingkungan. Dewan Juri saya nilai cukup obyektif, ini terbukti untuk kategori C dinyatakan belum memenuhi kriteria sehingga tidak ada pemenangnya. Menulis memang tidak mudah, butuh berlatih, butuh kepekaan dan ketelatenan.

Pemenang Lomba Menulis Cerpen Hutan dan Lingkungan Perhutani Green Pen Award 2014 yang ditetapkan Dewan Juri adalah:

Kategori A (SLTP dan SLTA):
Juara 1: Amelia Nuraisyah Quinsi Jemy (Siswi SMPN 2 Blitar Jatim)
Juara 2: Joshua Timothy (Siswa SMPK Ora et Labora BSD Tangerang)
Juara 3: Ghirah Madani (Siswa SMPN 12 Bandung Jabar)
Unggulan 1 : Astiwi Safitri (Siswa SMAN 3 Pinrang Sulawesi Selatan)
Unggulan 2 : Wika G. Wulandari (Siswi SMA Sains Averos – Sorong Papua)
Unggulan 3 : Abdurrahim Budiman Wicaksono (Siswa SMAN 1 Baturetno Wonogiri Jateng)

Kategori B (Mahasiswa, Guru, Dosen, Penulis/Pengarang dan Umum)
Juara 1: Sulfiza Ariska (Cerpenis – Yogyakarta)
Juara 2: Safira (Mahasiswi IPB – Bogor Jabar)
Juara 3: Khoriyyah Azzahro (Guru – Banjarmasin Kalsel)
Unggulan 1 : Abraham Zakky Zulhazmi (Cerpenis -Jakarta)
Unggulan 2 : M. Nur Fahrul Lukman Khakim (Mahasiswa UNM Malang Jatim)
Unggulan 3 : Nasin (Dosen dan Peneliti -Cimahi Jabar)

Juara pertama masing-masing mendapatkan piala Perhutani Green Pen Award 2014, piagam dan uang tunai. Juara ke dua, ke tiga, dan juara unggulan mendapatkan piagam dan uang tunai yang besarnya sesuai ketentuan lomba. Menurut Sekretaris Perusahaan Perum Perhutani Hari Priyanto selaku ketua penyelenggara Perhutani Green Pen Award 2014 karya para pemenang akan dibukukan oleh Perum Perhutani sebagai wujud dari salah satu program Komunikasi Perusahaan bagi putra putri terbaik bangsa. PR. Kanpus