KPH Mojokerto Salurkan Dana Sharing Produksi

Mojokerto, Bhirawa – Sebanyak 17 putra-putri usia sekolah SD sampai SMA di Desa Pamotan, Kab  Mojokerto mendapatkan beasiswa yang berasal dari sharing produksi kayu KPH Mojokerto tahun 2012. Beasiswa itu disalurkan melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)  Rimba Jaya,  Desa Pamotan, Kab Mojokerto yang merupakan binaan KPH Perhutani Mojokerto.
Kepala Divisi Regional Jatim, Iman Sandjojo, Selasa (15/4) mengatakan,  program ini merupakan contoh inisiasi yang baik dan perlu dikembangkan di KPH-KPH lain yang merupakan bentuk sinergitas yang baik antara Perhutani dan LMDH dalam pengejawantahan kepedulian sosial.
Perhutani Jatim terus berkomitmen meningkatkan kinerja dalam upaya  pengembangan sumberdaya manusia. Peningkatan kompetensi, inovasi, profesionalitas karyawan saat ini dan mendatang sangat diperlukan bagi perusahaan.
Sebelumnya, awal Maret lalu KPH Mojokerto telah menyerahkan dana sharing produksi  dari tebangan kayu tahun 2012 sebesar Rp321.576.835 kepada 24 LMDH se-KPH Mojokerto.  Tahun 2011, KPH Mojokerto menyerahkan dana sharing produksi kepada 24 LMDH wilayah KPH Mojokerto senilai Rp154.772.949. Nilai sharing per LMDH bervariasi. LMDH merupakan mitra sejajar dari Perhutani dengan bentuk kerjasama dengan menguntungkan baik itu secara sosial dan hukum.
Perum Perhutani berkomitmen untuk membangun hutan secara berkelanjutan sebagai Life Support System yang berorientasi pada 3 P atau Planet, People dan Profit sebagai pilar utama. Dalam melestarikan hutan di Jawa ini Perhutani mengajak semua jajaran untuk ikut mensukseskan program penanaman.
Selain KPH Mojokerto, KPH Jember juga telah menyerahkan dana bagi hasil produksi sebesar Rp1,6 miliar kepada 28 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Mereka tersebar di 13 Kecamatan Kabupaten Jember. Dana sebesar Rp1,6 Miliar merupakan akumulasi dari sharing produksi dua produk unggulan Perum Perhutani Jember. Kedua produk unggulan itu adalah kayu dan getah yang diproduksi selama tahun 2012. Nilai bagi hasil atau sharing dari sektor kayu sebesar Rp1.160.588.054 sedangkan yang dari sektor getah sebesar Rp488.535.696.
Dibandingkan dana sharing tahun 2011 yang diserahkan pada tahun 2012. Dana yang diterima LMDH tahun ini nilainya lebih besar. Tahun 2012, KPH Jember telah melakukan penyerahan dana sharing produksi kayu sebesar Rp658  juta. Dana hasil  produksi  tebangan  kayu  selama  tahun 2011 itu diserah terimakan  kepada 30 LMDH  yang  ada  di Kab Jember. Semua LMDH itu tersebar  di 13 kecamatan.

Sumber  : www.harianbhirawa.co.id
Tanggal  :  15 April 2014