Sambut Libur Lebaran, Perhutani Reaktivasi Curug Cimahi

curug-cimahi-3-300x225Bisnis.com, BANDUNG – Dalam rangka menyambut hari liburan Lebaran 2014, Perum Perhutani Unit III Jabar dan Banten melalui Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara akan kembali mengaktifkan objek wisata Curug Cimahi di Desa Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

Sebelumnya, objek wisata yang tak jauh dari kawasan Lembang ini terpaksa harus ditutup karena sempat terjadi longsor di area wisata tersebut pada 23 Maret 2014.

Kepala KPH Bandung Utara Wismo Tri Kancono mengatakan, salah satu alasan pihaknya memberanikan diri untuk kembali membuka objek wisata tersebut karena mengacu rekomendasi hasil kajian yang dilakukan oleh Badan Geologi.

“Selain itu juga, ada permintaan dari masyarakat setempat karena hampir selama empat bulan mereka kehilangan mata pencaharian karena tempat wisata ini ditutup,” katanya, kepada wartawan, Selasa (22/7/2014).

Dalam rekomendasinya, Badan Geologi menyarankan agar secara teknis pihaknya mengantisipasi terjadinya longsoran susulan dengan memasang jaring pengaman di sejumlah titik rawan. Pihaknya menargetkan pemasangan jaring penahan material longsor itu tuntas pada H-1 Lebaran.

Dengan demikian, tepat pada H+1 Lebaran, Curug Cimahi akan bisa kembali dibuka untuk masyarakat umum yang selama ini telah menjadi andalan tempat rekreasi warga masyarakat selain destinasi wisata yang ada di Bandung Utara lainnya seperti Gunung Tangkubanparahu dan Ciater.

“Selain itu, kami pun akan memasang alarm. Ketika cuaca buruk terjadi, maka alarm akan dinyalakan agar pengunjung segera meninggalkan lokasi untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Dirinya menegaskan, dalam menjalankan bisnisnya ini, pihaknya tidak hanya akan fokus pada profit oriented, tapi juga memperhatikan keselamatan pengunjung yang datang.

Lebih lanjut dirinya berharap agar pengunjung yang masuk pada saat hari libur Lebaran bisa meningkat dibanding tahun sebelumya yang tercatat sebanyak 10.000 orang.

“Akan tetapi, karena telah lama ditutup sepertinya jumlah pengunjung akan turun. Alternatifnya, kami akan andalkan juga objek wisata lain seperti Curug Layung, Situ Lembang, Jayagiri, Bongkor dan Cikahuripan,” ucapnya.

Ditanya mengenai tiket masuk Curug Cimahi, disebutkannya pada hari libur biasa dipatok sebesar Rp10.000 per orang. Pada saat libur Lebaran tahun ini mengalami kenaikan menjadi Rp12.000 per orang.

Sedangkan mengenai pendapatan, KPH Bandung Utara ditargetkan meraup pendapatan minimal Rp 950 juta dari pendapatan tahun sebelumnya yang menembus angka Rp 6 miliar.

“Memang mengalami penurunan signifikan, hal ini karena pada tahun sebelumnya Cikole Resort termasuk dalam pengelolaan kami. Sekarang sudah dipisah oleh manajemen yang lebih profesional lagi,” ujarnya.

Sumber : www.bandung.bisnis.com

Tanggal : Selasa, 22 Juli 2014