Balapulang Apel Siaga Kebakaran Hutan

2014-9-17-blp-Apel siaga-web

Dok.Kom-PHT/Blp @2015

TEGAL, PERHUTANI (17/9) | Perhutani Balapulang adakan Apel Siaga kebakaran hutan dalam memasuki puncak kemarau yang di prediksi bulan September sampai dengan Okober 2014 di Kantor Perhutani Balapulang. Rabu.
Administratur Perhutani Balapulang, Isnin Soiban mengajak seluruh rimbawan termasuk keluarga untuk membantu memberikan informasi jika terjadi titik api terlihat.

“Kebakaran hutan disebabkan dua faktor, yaitu faktor Alam dari sambaran petir dan pemanasan sinar matahari yang mantul pada kaca/lapisan seng sedangkan faktor manusia paling banyak karena disengaja yaitu pembakaran rumput, ladang dan membakar sampah, sedangkan penyebab yang tidak disengaja seperti membuang puntung rokok, pendaki gunung yang lupa memadamkan api”, Lanjutnya.

Total luas wilayah hutan Perhutani Balapulang adalah 29.790,29 Ha, terbagi di dua Kabupaten, Tegal 6.869,61 ha dan Kabupaten Brebes 22.920,68 ha (77%).

Kawasan Hutan yang rawan kebakaran hutan terdapat di Bagian Hutan Banjarharjo Barat (Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cigadung, RPH Malahayu dan RPH malahayu yang merupakan tanaman jenis jati muda umur 5 tahun keatas.

Perhutani Balapulang mensiagakan Posko Pusat Pemadam kebakaran hutan di kantor Perhutani Balapulang yang stanby 24 jam beranggotakan karyawan, Polhut yang melibatkan LMDH terdekat. (Kom-PHT/bpl/djuli.k)

Editor : Dadang K Rizal
@copyright 2014