Bambu Hijaukan Hutan Lindung Jolotundo

Foto Penanamn Bambu

Dok.Kom-PHT /Psu @2014

PASURUAN, PERHUTANI (23/9) – Bambu atau nama lainnya buluh,elur merupakan tanaman jenis rumput -rumputan yang mempunyai rongga dan ruas pada batangnya. Tanaman bambu mudah tumbuh dimana saja baik pada tanah kering maupun basah, tidak mengenal cuaca serta tidak memerlukan perawatan khusus. Tanaman tersebut juga banyak manfaatnya untuk kebutuhan masyarakat.

Manfaat lain dari tanaman bambu untuk memperbaiki tangkapan air bawah tanah. Akar tanaman dapat sebagai filter yang mampu menyaring air yang terkontaminasi limbah beracun , selain itu akar bambu mampu mengikat butir – butir air dalam tanah sehingga adanya tanaman bambu seringkali memunculkan sumber mata air baru.

Untuk menjaga kelestarian kawasan hutan di lereng Gunung Penanggungan, Rabu 24/9 dilaksanakan penaman bambu sebagai upaya melakukan konservasi ekologi guna menghijaukan kawasan hutan lindung Jolotundo petak 4 b RPH Seloliman BKPH Penanggungan. Kegiatan penanaman bambu dilaksakan bersama. PT. Multi Bintang Indonesia Tbk. Yayasan Bambu Nusantara Hijau , Harian Pagi Surya serta pusat pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Melati Kids desa Seloliman kec Trawas.

Administratur Perhutani Pasuruan, Kuntum Suryandari  menyampaikan bahwa dengan penanaman tersebut merupakan kegiyatan positif yang saling bersinergi dari para pihak terhadap kelestarian sumber daya alam . Untuk selajutnya , kedepan agar kegiatan tersebut bisa dipertahankan dan dikembangkan untuk menghijaukan Gunung Penanggungan.

Seperti halnya yang disampaikan salah satu tokoh masyarakat, mengungkapkan atas dukungannya dengan penanaman bambu merupakan suatu apresiasi kerjasama yang baik dari Perhutani,. Dan kerjasama penanaman bambu tidak sampai disini harapan kedepan bisa untuk selamannya imbuhnya.

Sementara itu, untuk menanamkan pendidikan moral mencinyai lingkungan, yayasan Bambu Nusantara Hijau mengajak Yayasan Paud Melati Kids Kec Trawas mengenalkan tanaman pada anak sejak dini, mereka diajarkan menanam tumbuhan ,pentingnya tumbuhan, manfaat dan kegunannya agar tertanamkan moral menyukai dan mencintai lingkungan sejak dini .

Tentunya dari tanaman bambu selain untuk mendukung kelestarian ekologi , banyak ragam kegunaannya masyarakat setempat dapat memanfaatkan untuk kebutuhan sehari – hari , rebung atau bambu muda bisa untuk konsumsi, batang dan rantingnya bisa dimanfaatkan untuk kerajinan, alat rumahtangga dan  mebel  Sehingga secara ekonomis dapat menambah pendapatan masyarakat. (Kom-PHT/Psu)

Editor  : Dadang K Rizal

@copyright 2014

Tags: