Cepu Terapkan SMK3

Cepu SMK3

Dok.Kom-PHT/CPU @2014

CEPU, PERHUTANI (19/9) – Perhutani Cepu terapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di setiap kegiatan perusahaan.  Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Sumberdaya Hutan dan LingkunganPerhutani Cepu,  M. Farkhan Masykur  pada saat  melaksanakan Pelatihan Angkat Beban pada kegiatan muat bongkar kayu sekaligus mensosialisasikan SMK3  di Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Cabak – Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Pemasaran II Cepu.

Pelatihan diikuti oleh segenap Asper/KBKPH Wilayah KPH Cepu, Perwakilan KRPH, Kepala TPK Batokan dan Kepala TPK Cabak, mandor tebang, kru tebangan, kru angkutan kayu serta beberapa staf kantor KPH Cepu.

Kepala Seksi Pengelolaan Sumberdaya Hutan dan LingkunganPerhutani Cepu,  M. Farkhan Masykur  mengharapkan agar peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, karena bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam kaitanya dengan kegiatan tebangan dan muat bongkar kayu baik di hutan maupun di TPK untuk diterapkan dilapangan.

“Sebagian besar dari kita sudah memahami tentang aturan dan ketentuan yang harus diikuti dalam bekerja, tetapi banyak yang belum menyadari akan arti pentingnya ketentuan dan pedoman Standart Operating Procedure (SOP). Misal, memakai Alat Pelindung Diri (APD) fakta dilapangan baik itu mandor tebang, kru tebangan, maupun tenaga muat bongkar kayu menunjukkan bahwa masih banyak yang tidak menggunakanya dengan berbagai macam alasan, padahal itu sudah diwajibkan oleh pihak manajemen Perhutani” tambahnya

Materi pelatihan disampaikan oleh Ali Ahmadi dan Mudjito W Ali keduanya Dosen Sekolah Tinggi Teknik Ronggolawe (STTR) Cepu. Tujuan pokok dari K3 untuk mencegah terjadinya kecelakaan, bahaya kebakaran, penyakit akibat kerja, pencemaran dan sebagainya. Sehingga nihil kecelakaan kerja. (Kom-Pht/Cpu)

Editor   :  Ruddy P

@copyright 2014

Tags: , ,