Holding Perkebunan Diluncurkan 2 Oktober

JAKARTA-Kementerian BUMN bakal meluncurkan holding BUMN perkebunan dan holding BUMN kehutanan secara resmi pada 2 Oktober 2014. Tahap awal, holding BUMN perkebunan tetap memakai nama PT Perkebunan Nusantara (PN) III. Begitu juga nama Perum Perhutani akan menjadi induk dari beberapa PT Inhutani.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, PT PN III akan membawahi 13 PT PN setelah diluncurkan sebagai holding com-pany. Perubahan nama layaknya Semen Indonesia dan Pupuk Indonesia akan dilakukan menyusul pascaperesmian.

Dahlan juga menyebut program privatisasi anak usaha BUMN kebun tetap berjalan.

PT PN VII, misalnya, akan mempersiapkan diri untuk go public. PT PN VII dinilai paling siap serta menjadi prioritas karena memerlukan suntikan dana segar un-t tuk pengembangan usaha dan melunasi utang.

Jadi diputuskan launching di Surabaya. Karena rapimnya di Surabaya. Tiga sampai enam bulan lagi, nama PT PN III diganti menjadi apakah PT Perkebunan Indonesia atau lainnya,” tungkap Dahlan usai memimpin rapat pimpinan (rapim) Kementerian BUMN di Jakarta, Kamis (25/9).

“Kalau sudahresmi jadi holding, nanti mereka bisa mengubah AD/ART khusus untuk ubah nama. Setelah diluncurkan, pada tanggal itu juga holding BUMN perkebunan bisa beroperasi. Fokus aksi korporasi, bagaimana-meningkatkan kinerja, bagaimana melakukan i konsolidasi dan efisiensi, karena pengadaan disatukan,” pungkasnya. (ers)

Sumber : Indopos, Hal 5
Tanggal : 26 September 2014

Tags: